oleh

359 Ibu Hamil di Lutra Ikut Pemeriksaan ANC, Begini Hasilnya

Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) berbasis Hipnoterapi kepada ibu hamil yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara terbilang sukses dan berhasil.

Dinkes Lutra yang telah membentuk Tim Hipnoterapi di seluruh desa berhasil menyembuhkan 359 ibu hamil yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan, hal ini diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Anjas Rusli, Sabtu (16/09/17) di Masamba.

“Sejak diujicoba pada Mei 2017 di lima Puskesmas dan direplikasi ke seluruh Puskesmas pada akhir Agustus 2017, pemeriksaan ANC berbasis Hipnoterapi telah memberikan hasil yang luar biasa kepada seluruh ibu hamil,” ujar Anjas.

Dia mengungkapkan, ada 359 ibu hamil yang berhasil disembuhkan.“Mereka sembuh dan hilang semua keluhan emesis, dari sebelumnya skala 10 menjadi 0. Ada 359 ibu hamil yang berhasil kita sembuhkan,” ungkap Anjas lagi.

Anjas menambahkan, inovasi ANC Berbasis Hipnoterapi adalah sebuah upaya inovatif dari pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Indah Putri Indriani dan Muhammad Thahar Rum dalam rangka pencapaian SDG’s guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Ini salah satu inovasi kami dalam pencapaian target SDG’s guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi. ANC berbasis hipnoterapi dicombine ke dalam program Kesmas pada kelas hipnoterapi,” terang pria yang pandai memotivasi masyarakat untuk senantiasa hidup sehat ini.

Masih kata Anjas, metode hipnoterapi kepada ibu hamil mampu meningkatkan pelayanan dan persalinan di sarana kesehatan serta mampu menekan angka kematian ibu. “Metode ini mampu meningkatkan pelayanan dan persalinan di sarana kesehatan, tapi yang paling penting adalah mampu menekan angka kematian ibu hamil. Semoga metode ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan prinsip “Dinkes Lutra Melayani dengan Hati dan Bebas Pungli”. Salama’ki tapada salama’ keep smile be happy,” pungkas Anjas.

Berikut rincian per kecamatan ibu hamil yang dinyatakan sembuh akibat metode ANC berbasis hipnoterapi yang diterapkan Dinas Kesehatan Luwu Utara, Kecamatan Bone Bone 121 ibu hamil (bumil), Sukamaju 60 bumil, Malangke Barat 53 bumil, Masamba 50 bumil, Sabbang 31 bumil, Mappedeceng (PKM Cendana Putih) 16 bumil, Tana Lili 11 bumil, Baebunta 10 bumil dan Malangke 7 bumil.

Liputan: Rama | Editor: Zhakral.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *