Atasi Macet di Lokasi Longsor, Wabup Irwan Minta PT Vale Buat Rekayasa Arus Lalin

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Para pengendara khususnya roda empat harus ekstra hati-hati saat melintas di lokasi jalan yang amblas di Desa Laskap, Kecamatan Malili.

Pasalnya, jalur yang dilantasi pengendara hanya selebar 1,5 meter, sementara ditepi jalan itu merupakan lokasi longsor sedalam 12 meter.

Minimalisir kemacetan, Sat Lantas Polres Luwu Timur terpaksa memberlakukan sistem buka tutup. Disamping itu, tampak PT Vale tengah berusaha memperbaiki jalan yang amblas.

Saat perbaikan jalan berlangsung, terlihat Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mendatangi lokasi dengan menggunakan sandal jepit untuk memantau jalannya evakuasi.

Sesekali Wabup Irwan berdiri ditepi jalan yang longsor untuk mengatur arus lalulintas agar kendaraan tidak menumpuk di lokasi.

Melihat jalan yang dilalui kendaraan cukup sempit, Wabup Irwan meminta agar PT Vale membuat rekayasa arus lalulintas.

Tidak hanya itu, Irwan mencoba negoisasi ke pemilik lahan yang berada disempadan jalan agar pagar halaman rumahnya dibongkar untuk dibuat rekayasa arus lalulintas.

Sebelumnya, Irwan mengkomunikasikan ke pihak PT Vale agar kembali dibangunkan pagar si pemilik lahan setelah pekerjaan jalan selesai.

“Pak bisa ka saya minta pagar ta di copot untuk sementara, nanti pihak Vale kembali bangunkan ki setelah pekerjaan jalan selesai,” bujuk Irwan ke pemilik lahan.

Bicara mi ki sama pihak PT Vale pak, kata Irwan lagi. Alhasil, si pemilik lahan menyapakati hal tersebut demikian halnya pihak PT Vale.

Tidak hanya itu, pihak PT Vale juga menyanggupi membangun kembali pagar Pustu yang letaknya berdampingan dengan pemilik lahan.

Pantauan media ini, rekayasa arus lalulintas tersebut sudah dilalui sejumlah kendaraan dengan sistem buka tutup.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, jalan poros Malili-Sorowako amblas sekitar Pukul 13.32 Wita, Rabu (19/02/2020).

Saat itu, pihak PT Vale tengah melakukan perbaikan jalan dengan menggunakan ekcavator, tiba-tiba material jalan bergeser ke arah bantaran sungai.

Beruntun alat berat tersebut tidak ikut terbawa material hingga ke sungai. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Hingga berita diterbitkan, sampai saat ini pihak PT Vale Indonesia masih tengah melakukan perbaikan jalan.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *