oleh

BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Talkshow Dan FGD

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (Unibos) gelar Talkshow dan Focus Group Discusion (FGD) di Ruang Senat Lantai 9 Gedung I Unibos, Senin (25/09/17). 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Divisi Kehumasan BEM Fakultas Psikologi Unibos ini dilakukan sebagai kegiatan rutin dan program tahunan yang mengajak mahasiswa untuk lebih mengenali minat dan bakat pribadi yang akan dihubungkan dengan orientasi perencanaan karir usai menyelesaikan pendidikan pada Prodi Psikologi.

Turut hadir dosen Psikologi Unibos Arie Gunawan, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog dan juga A. Budhy Rahmat, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog selaku pemateri talkshow, sekaligus diikuti 60 peserta.

Tidak hanya mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Bosowa, tetapi juga beberapa mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Indonesia Timur (UIT).

Nurismi Rahmadhani selaku koordinator Divisi Kehumasan BEM Fakultas Psikologi Unibos menuturkan jika kegiatan ini diperuntukan untuk memabantu mahasiswa memahami lingkup psikologi lebih mendalam, untuk kedepannya dapat memaknai proses pengembangan diri dengan mengenali minat dan bakat diri sendiri.

“Tidak semua mahasiswa Psikologi itu berminat dengan dunia psikolog. Bisa saja ada beberapa diantaranya yang tidak sesuai bakat tetapi mengharuskan diri berkecimpung di dunia psikologi. Sehingga, kegiatan ini dilakukan untuk membantu para mahasiswa tersebut memahami bakat diri sendiri dan kaitannya dengan dunia psikologi. Ini ditujukan juga untuk mengidentifikasi minat, menghilangkan tekanan dan memberi solusi bagi permasalahan yang dimilikinya”, ungkap mahasiswi sapaan Riris ini.

Riris juga menambahkan jika kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah semangat mahasiswa dalam memahami proses pembelajaran. Sehingga waktu yang digunakan tidak akan sia-sia dan dapat menjadi jalan baik untuk memulai karir mahasiswa usai menempuh proses perkuliahan di dunia psikologi.

Dalam materi yang dibawakan salah satu pemateri, juga dituturkan beberapa point penting yang harus ditanamkan mahasiswa untuk memulai perencanaan karir yakni pengenalan diri, eksplorasi terhadap jenis pekerjaan dan menyatukan nilai dalam diri sesuai dengan pekerjaan yang diminati, tutur Arie Gunawan.

Menurutnya, jika sejak dini seseorang sudah harus dihadapkan berbagai pilihan yang cukup mengambil waktu dalam pertimbangan, maka orang tersebut harus mampu mengolah proses pengambilan keputusannya, terang Arie.
Terkait dengan perencanaan karir dalam dunia psikologi, sebagaiknya karir itu adalah yang dapat menunjang pengembangan diri dan kecocokan terhadap suatu pekerjaan. Harus menemukan jalan tengah terkait bakat yang dimiliki dan kehidupan yang diminati, kunci Dosen Unibos yang menjadi pemateri talkshow tersebut.

Liputan: Noya | Editor: Enggar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *