Bersama KSU KAMU Lutim, Wabup Irwan Salurkan Bibit Jagung Ke Petani

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Koperasi Serba Usaha (KSU) Agro Mandiri Utama (KAMU) Lutim kembali menyalurkan sejumlah bibit jagung ke kelompok tani secara gratis.

Petani yang menjadi sasaran kali ini yakni kelompok tani sawit 1 Lumbewe dan kelompok tani sawit Desa Lagego, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur.

Bibit jagung tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam yang turut hadir dalam kegiatan itu, Sabtu (07/03/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan, bahwa saat ini para petani melakukan peremajaan sawit atau replanting.

Dimasa transisi itu kata dia, tentu akan berpengaruh pada penghasilan petani. Makanya melalui program penanaman selah ini diharapkan dapat menutupi ekonomi petani.

“Hal itu sangat sejalan dengan program pemerintah pusat, karena saat ini tanaman jagung merupakan skala prioritas Kementrian Pertanian,” ujar Irwan.

Menurutnya, saat ini permintaan jagung di Indonesia cukup tinggi untuk di ekspor keluar. Makanya pemerintah berharap produksi jagung bisa meningkat.

Disisi lain, sembari menunggu masa transisi replanting tanaman sawit, diharapkan pula melalui program ini masyarakat bisa mendapatkan penghasilan.

“Alhamdulillah dengan upaya kita semua melalui Koperasi ini, kita bisa mendapatkan bantuan bibit jagung secara gratis,” ucap Irwan.

Selain itu, dengan adanya bantuan tersebut saya berharap bibit ini kita tanam dan rawat dengan baik, karena pada saat panen nantinya, pihak Koperasi juga akan kembali membeli dengan berdasarkan harga pasaran, bukan berdasarkan keinginan pembeli atau tengkulak.

Sekali lagi saya menghimbau ke petani agar tidak khawatir lagi mau kemana hasil pertanian nantinya, yang jelas KSU KAMU ini siap kembali membeli dengan harga pasaran, imbuhnya.

Terpisah, sekertaris KSU KAMU, Alwan menuturkan bahwa kami masih banyak stok bibit jagung yang akan dibagikan ke kelompok tani maupun perorang secara gratis.

Ketika ada yang berminat, silahkan mendaftarkan kelompoknya sekaligus melampirkan luas lahan untuk dapat terakomodir dengan baik, tambahnya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *