BNNP Sulsel Ungkap P4GN dan Musnahkan Barang Bukti Narkotika Tahun 2019

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_MAKASSAR,– Sepanjang tahun 2019, Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Selatan telah mengungkap 18 LKN Narkotika dan 1 kasus TPPU, serta 29 berkas yang sudah TP21 yang melibatkan 31 WNI.

Hal tersebut disampaikan pada press release terkait capaian kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang dirangkaikan pemusnahan barang bukti Narkotika di kantor BNN Sulsel Jl Manunggal 22 Maccini Sombala Makassar, Selasa (17/12/2019) siang.

BNNP Sulsel menyita barang bukti 16.144,19 gram Shabu, 14.535 gram Ganja, serta 1.506 butir pil Extacy, dan New Psychoactive Substances (NPS) sekitar 17 gram dari semua kasus yang diungkap di tahun 2019.

“Dari semua kasus, terdapat 951 orang penyalahgunaan narkoba. Seluruhnya sedang direhabilitasi BNNP Sulsel sebanyak 630 klien, Tana Toraja 125 klien, Palopo 81 klien, dan Bone 115 klien,” ungkap Kepala BNNP Sulsel Brigjen Idris Kadir.

Selain pengungkapan kasus penyalahgunaan Narkotika, BNNP kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari hasil penjualan narkoba senilai Rp 1 miliar yang disita dalam bentuk satu unit kapal kayu dan sebidang tanah di Kabupaten Barru. Kemudian terdapat pula beberapa barang bukti kendaraan roda empat berjenis Lexus, Minicooper, dan beberapa jenis lainnya.

“Motif pelaku sendiri berbagai macam, mulai dari memasukkan kedalam kemasan, ditempelkan pada badan pengedar (Body pax), sampai di pakaian dalam tersangka,” ungkap Idris Kadir.

Setidaknya ada tujuh tersangka yang diamankan, terdapat empat laki-laki dan tiga perempuan. Mirisnya ketiga perempuan bersama satu laki-laki tersebut ditangkap pada saat beroperasi di daerah Parepare.

Penangkapan ini dilakukan di berbagai wilayah Sulsel, khususnya daerah yang dianggap rawan seperti Sidrap, Pinrang, dan Parepare.

Liputan :  Noya  |  Editor :  SDQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *