Diduga Lokasi Belum Lunas, Pembangunan Kompleks Kumala Residence Terancam Terhenti

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_MAKASSAR,– Pengerjaan Kompleks Perumahan Kumala Residence mau tidak mau harus dihentikan sementara waktu. Hal tersebut disebabkan dugaan belum selesainya kasus sengketa lahan yang menjadi lokasi perumahan. Selas (17/12/2109)

Sengketa tanah seluas 9.021 meter persegi yang terletak di jalan Muhammad Tahir, kelurahan Jongaya, kecamatan Tamalate, kota Makassar ini bermula saat transaksi jual beli yang dianggap belum selesai dibayarkan kepada pihak pertama (penjual).

Tanah tempat berdirinya beberapa bangunan tersebut memiliki tujuh sertifikat dengan total harga penjualan 14.443.600.000 rupiah. Dari total sertifikat, hanya ada lima saja yang telah dilunasi, sementara dua lainnya belum terselesaikan.

Pihak pertama, dalam hal ini Andi Fudail, melakukan penutupan paksa area perumahan dibawah naungan PT. Sumber Sentuhan Emas tersebut dikarenakan masih ada tunggakan dana sebesar 3.600.000.000 dari pihak kedua (pembeli), dalam hal ini Emmy Wijaya.

“Jadi masih ada yang harus diselesaikan sekitar 3,6 milliar. Kalau dia merasa sudah dilunasi, ya tunjukkan bukti pelunasan itu,” ujar Fudail.

Fudail mengatakan bahwa pihak pengembang tidak berhak melakukan pembangunan di atas tanah yang belum sepenuhnya dilunasi. Sebab hal itu tertuang dalam surat perjanjian jual beli.

“Jelas dalam perjanjian jual beli, bahwa pihak kedua tidak berhak menempati objek perjanjian dalam surat ini, bilamana pihak kedua belum melunasi pembayaran sepenuhnya,” lanjut Fudail.

Pembangunan perumahan akan tetap dihentikan dan lokasi tersebut akan terus ditutup sampai pelunasan dilakukan oleh pihak kedua. Jika pihak kedua melakukan pembukaan secara paksa, maka Fudail mengancam akan membawa kasus ini ke ranah hukum.

“Kita tutup ini sampai ada kejelasan. Kalau mereka buka paksa, kita bawa kasus ini ke ranah hukum. Saat ini kami akan mengajukan gelar perkara ulang ke Polda Sulsel,” bebernya.

Lebih lanjut, Pihak pertama sendiri menyayangkan adanya janji pelunasan yang pernah dilontarkan oleh Ibu Emmy dalam waktu dekat, namun tidak kunjung memberi kepastian tanggal.

“Saya ini minta kepastian tanggal. Bu Emmy ini cuma bilang nanti dilunasi dalam waktu dekat, tapi tidak pernah kasi kita tanggal,” keluh Fudail.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi dari pihak kedua.

Liputan : Freya | Editor : Amk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *