Dinding Sungai Jalajja Rawan Ambruk, Husler Perintahkan Dinas PU segera Normalisasi

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Derasnya aliran sungai Jalajja serta tingginya curah hujan akhir-akhir ini memagkibatkan tebing sungai sungai runtuh dan badan sungai bertambah lebar. Jika tidak segera diatasi akan berdampak pada runtuhnya rumah penduduk dan ambruknya jalan desa yang terletak tak jauh dari lokasi itu.

Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler didampingi Kadis Pekerjaan Umum, Syahrir memantau langsung kondisi rumah warga dan jalan disekitar sungai Jalajja Kecamatan Burau yang hampir ambruk akibat melebarnya badan sungai tersebut.

”Sudah parah ini, harus cepat diatasi ini pak kadis PU, untuk langkah awal kita lakukan normalisasi dulu baru kemudian diproteksi ” kata Husler, Sabtu (16/05/2020).

Ditepi sungai tersebut, ada rumah warga yang jaraknya sudah sangat dekat dari bibir sungai, sekitar dua meter. Rumah pak Ilham Sadar. Pepohonan yang ditanaminya untuk penguat tanah ternyata sudah ambruk ke sungai.

Olehnya itu, Husler mengingatkan agar Ilham Sadar dan keluarga harus selalu waspada. Jika terjadi hujan lebat, sebaiknya mengungsi dulu karena kondisi rumah yang sudah dekat dari bibir sungai rawan ambruk.

“Kalau hujan lebat, sebaiknya mengungsi dulu pak. Kami upayakan akan segera melakukan normalisasi sungai ini,” jelasnya.

Setelah meninjau lokasi pertama, Husler bersama Kadis PU kembali melakukan pemantauan jalan yang juga hampir ambruk diakibatkan aliran sungai di Desa Batu Putih Kecamatan Burau. Kondisinya pun hampir sama dengan lokasi sebelumya dan rencananya Pemda juga akan melakukan normalisasi dan proteksi di wilayah sungai tersebut.

Liputan: Hms/Ikp | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *