Ditengah Wabah Corona, PA Malili Tetap Gelar Sidang dengan Sistem Social Distancing

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Ditengah wabah virus corona, aktivitas Pengadilan Agama (PA) Malili, Kabupaten Luwu Timur tetap digelar. Termasuk sidang.

Namun penerapan sidang yang dilakukan PA Malili kali ini, tidak seperti sebelumnya.

Ketua PA Malili, Mahyuddin mengatakan, bahwa persidangan tetap digelar meski virus corona mengkhawatirkan, ungkapnya, Minggu (29/03/2020).

Tetapi penerapannya tidak seperti sebelumnya, karena adanya wabah ini maka kita gunakan sistem pembatasan interaksi sosial (social distancing), ujarnya.

Selain dilakukan pembatasan di ruang sidang kata dia, kita juga membatasi pengunjung, dan di ruang tunggu para pengunjung akan disiapkan tempat duduk dengan jarak 2 meter.

Tidak hanya itu, di tempat yang sama kami juga siapkan wadah cuci tangan bagi pengunjung dan berperkara, beber Mahyuddin.

Lanjutnya, persidangan ini hanya di fokuskan bagi pemohon yang sudah lama, sementara pemohon baru kita lihat dulu perkembangan atau kondisi wabah virus corona,” terangnya.

Dijelaskan, saat ini pendaftaran secara manual dihentikan sementara, namun pemohon boleh mendaftar melalui sistem ecourt (daftar secara online).

Untuk terkait pelayanan prodak PA, tetap dilaksanakan seperti pengambilan putusan dan akta cerai, namun hal itu dibatasi sampai jam 12 siang, terangnya.

“Penerapan ini sesuai surat edaran Mahkamah Agung (MA) pada 23 Maret lalu,” katanya.

Penerapan surat tersebut sampai tanggal 6 April 2020. Tetapi kalau kondisi covid-19 masih belum aman kemungkinan jadwal intruksi itu akan diperpanjang, dan bisa saja sidang akan ditunda sementara waktu.

Namun penerapan itu kembali diserahkan ke masing-masing PA dengan melihat kondisi wabah virus corona, pungkasnya.

Kalau kondisinya memungkinkan, kita akan jadwalkan persidangan bagi pemohon baru, kalau tidak yah kita tunda dulu sampai kondisi betul-betul aman, tambahnya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *