DLH Luwu Timur Sidak Lokasi Limpahan Ore PT CLM

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pelabuhan milik PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Rabu (01/01/19) pagi.

Sidak dilakukan lantaran viralnya sebuah video limpahan air bekas Ore dari Kapal Ponton PT CLM ke Laut yang mengakibatkan air disekitar pelabuhan tersebut keruh dan berwarna merah kecoklatan.

“Tadi pagi kami sidak di lokasi video yang beredar, namun tidak ditemukan air laut tampak keruh, sementara Ponton tersebut sudah berisikan tanah atau Ore,” ungkap Nasir Dj, Kabid Penataan dan Penaatan DLH Lutim kepada InputRakyat.co.id.

Selain itu kata dia, saat di lokasi kami juga tidak menemukan penanggung jawab Ponton, hingga akhirnya kami menghubungi pihak CLM agar ke Kantor DLH besok guna memberikan penjelasan terkait persoalan itu.

“Besok kita lihat apa penjelasan pihak CLM, apakah hal tersebut ada unsur kesengajaan atau memang karena ada penyabab teknis lainnya,” terangnya.

Lanjutnya, ketika persoalan itu karena faktor kesengajaan, maka kami akan tindak sesuai aturan yang berlaku. Limpahan itu sekitar dua hari lalu, ujarnya lagi.

Disinggung persoalan tercemarnya Sungai Pongkeru-Malili seperti yang diberitakan sebelumnya kata Nasir, setelah sidak, kami melanjutkan pengambilan sampel air di sedimen pond milik CLM.

Dilokasi itu, kami tidak menemukan adanya kerusakan pada sedimen pond, namun meningkatnya curah hujan akhir-akhir ini, bangunan tersebut tidak mampu menampung debit air sehingga terjadi luapan.

“Besok kita lihat seperti apa penjelasan pihak CLM terkait sejumlah persoalan tersebut,” tutupnya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *