Dorong Implementasi QRIS di Indonesia Timur, BI Sulsel Bakal Gelar KTI DIGIFEST 2020

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_MAKASSAR,– Bank Indonesia Sulawesi Selatan akan menggelar kegiatan Kawasan Timur Indonesia Digital Festival 2020 (KTI DIGIFEST 2020). Kegiatan ini akan dipusatkan di Celebes Convention Center Makassar, pada tanggal 11-12 Januari 2020 mendatang.

Kepala BI Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal transformasi digital dalam mendorong percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital Nasional khususnya di KTI.

“Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019,” ujarnya Kamis (9/1/2020).

Lebih lanjut beliau mengatakan, Standar Nasional QR Code diperlukan untuk mengantisipasi inovasi teknologi dan perkembangan kenal pembayaran menggunakaan DR Code yang berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri sistem pembayaran, serta untuk memperluas akses pembayaran nontunai nasional secara lebih efisien.

“Dengan begitu satu QR Code, penyediaan barang dan jasa atau merchant tidak perlu lalgi memiliki berbagai jenis QR Code dari berbagai penerbit,” tambah Kepala BI Sulsel ini.

Oleh karena itu, melalui inisiatif DIGIFEST 2020 ini diharapkan penggunaan QRIS sebagai salah satu kanal transaksi pembayaran digital dapat segera dikenal dan diimplementasikan oleh masyarakat luas, khususnya di KTI.

“Kenapa pelaksanaannya di Sulsel, karena Sulsel ini merupakan pusat ekonomi, pariwisata, kuliner, pendidikan serta jasa kesehatan untuk Kawasan Timur Indonesia,” kata Bambang.

Bambang juga berharap melalui kegiatan KTI DIGIFEST 2020, tidak hanya mendorong implementasi QRIS namun juga pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan menghubungkan banyak pihak melalui interkoneksi antar pelaku ekonomi serta interkoneksi antar instrumen keuangan (tabungan, uang elektronik, kartu debet, dan kartu kredit).

Seperti diketahui sebelumnya, Bank Indonesia telah meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesia Standard (QRIS) pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu, dan telah berlaku efektif sejak 1 Januari 2020 kemarin.

Editor : SDQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *