oleh

Hadiri Pengesahan Perhiptani Lutim, Amran Harapkan Kinerja Penyuluh Lebih Baik

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler mengesahkan pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Luwu Timur di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur. Kamis (28/03/2019)

Dalam sejarahnya, Penyuluhan Pertanian di Luwu Timur pada tahun 2003-2005 bernaung di Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Perkebunan dan Perikanan pada tahun 2005-2010, BP4K pada tahun 2010-2016.

Pada tahun 2016 hingga sekarang bernaung pada Dinas Pertanian, hal ini mengacu pada Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Ketua DPRD Luwu Timur H. Amran Syam yang memberikan ceramah umum dihadapan ratusan penyuluh mengatakan walaupun penyuluhan pertanian dari masa ke masa berpindah-pindah tempat naungan, namun menurutnya kemajuan pertanian di Luwu Timur tetap bergantung pada para penyuluh yang senantiasa mengabdikan dirinya.

Sesuai tema diambil, yakni “peningkatan profesionalisme penyuluh pertanian dalam mendukung luwu timur terkemuka 2021”, Amran turut mendukung pengembangan kompetensi penyuluh melalui sertifikasi.

“Baik dalam SDM maupun pembiayaan haruslah ditingkatkan,” ungkap Amran.

Mengenai pembiayaan, dirinya merespon aspirasi para penyuluh mengenai Penambahan Biaya Operasional Penyuluh (BOP). Namun hal ini katanya harus menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

“Diharapkan peningkatan kinerja penyuluh pertanian agar lebih baik lagi,” jelas Amran.

Selain itu, pemberian insentif bagi koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) juga dibahas. Hal ini mengingat beban kerja dan tugas yang berat para penyuluh di lapangan.

Liputan: Tom/DPRD | Editor: Amk.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *