Husler Resmikan Pasar Rakyat di Desa Taripa

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Pasar Rakyat Desa Taripa Kecamatan Angkona akhirnya resmi beroperasi. Peresmian di lakukan Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler bertepatan dengan syukuran Hari Jadi Desa Taripa ke 39 yang berlangsung di halaman Pasar Rakyat Desa Taripa, Selasa (17/03/2020).

Acara persemian pasar mengangkat tema meningkatkan persatuan dan kerukunan. Setelah dibuka dengan persembahan Tarian Penyebrama oleh sanggar seni Gita Dewata dilanjutkan dengan persembahan Qasidah oleh pesantren Ponpes MA As’ Safiyah. Uniknya peringatan HUT Desa Taripa itu menampilkan drama tentang awal kedatangan rombongan transmigrasi di Desa Taripa.

Kepala Desa Taripa, Komang Purna Wirawan mengatakan momentum Hari Jadi Desa ini merupakan perjalanan sejarah kilas balik dan menjadi momen pembelajaran bagi generasi kedepan ini tentang bagaimana upaya awal para transmigran yang akhirnya bisa dinikmati saat ini menjadi Desa Taripa yang semakin maju.

Lanjut Komang, pelayanan pemerintahan diberbagai sektor sangat baik oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Namun ada usulan masyarakat untuk bisa pindah Kecamatan dari Kecamatan Angkona ke Kecamatan Kalaena. Semua ini semata-mata untuk mendekatkan pelayanan administrasi masyarakat.

Ia menambah, pembangunan pasar rakyat bersumber dari Kementerian Perdagangan RI, meskipun pasarnya sudah selesai dibangun, namun masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan termasuk penataan halaman pasar.

Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler mengaku bersyukur atas komitmen seluruh warga desa Taripa yang berkomitmen membangun sehingga desa ini berkembang dengan baik. “semenjak menjabat Kadis PU dulu, saya telah membangun infrastruktur desa ini mulai jalan dan jembatan sehingga masyarakat bisa menikmati pembangunan saat ini” jelasnya.

Terkait persemian Pasar Rakyat ini kata Husler, meskipun pasar ini telah rampung dibangun, namun akan dilakukan penambahan penataan-penataan seperti penambahan lods pasar dan penataan halaman pasar agar masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman di pasar. Ia juga meminta pedagang untuk menjaga kebersihan pasar.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengatakan bahwa prioritas disektor pertanian akan terus di kembangkan. Dengan dukungan Kementerian Pertanian, telah banyak bantuan yangg diberikan baik itu bibit sambung pucuk kakao, bibit jagung, bantuan hewan ternak, bantuan alsintan seperti traktor dan mesin combine.

“Alhamdulillah berkat komitmen saya terkait sektor pertanian, saya juga masuk 28 Kepala Daerah berprestasi di Indonesia terutama disektor Pertanian oleh Kementerian Pertanian” jelasnya.

Untuk pemindahan Kecamatan dari Kecamatan Angkona ke Kecamatan Kalaena kata Husler masih sementara diproses di Kabupaten termasuk pengajuan naskah akademiknya. Semua harus dipenuhi agar prosesnya berjalan dengan baik sesuai harapan.

Liputan: Hms/Ikp | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *