Ini Manfaat Baru Jaminan Kerja BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

INPUTRAKAYAT_MAKASSAR,– BPJS Ketenagakerjaan area Sulawesi Maluku (Sulama) mensosialisasi terkait kenaikan manfaat kepesertaan mulai 1 Januari 2020.

“Peningkatan manfaat yang diberikan untuk seluruh pekerja Indonesia naik hingga 1.350 persen dari sebelumnya” Ujar Toto Suharto selaku Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku di Cafe Passaribattang kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Makassar, jalan Urip Sumoharjo km 4,5 kota Makassar, Selasa (31/12/2019)

Toto menjelaskan penambahan manfaat seperti kenaikan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) tersebut dapat dinikmati oleh pekerja Indonesia tanpa harus membayar iuran lebih.

Peningkatan manfaat ini mengikut pada dikeluarkannya PP 82 tahun 2019 sebagai pengganti undang-undang nomor 44 tahun 2015.

Salah satu kelebihan kenaikan manfaat kebijakan baru dari BP Jamsostek atau lebih kita kenal dengan BPJS Ketenagakerjaan ini seperti sebelumnya hanya memberikan manfaat sebesar Rp12 juta, tetapi dengan dikeluarkannya PP 82 ini beasiswa yang diberikan mencapai Rp174 juta. 

BPJS Ketenagakerjaan akan membiayai pendidikan. Pertama, pendidikan TK sampai SD atau sederajat sebesar Rp1,5 juta pertahun untuk setiap orang, dengan menyelesaikan pendidikan maksimal 8 tahun.

Kedua, pendidikan SLTP atau sederajat sebesar Rp 2 juta per-orang setiap tahun dengan pendidikan maksimal 3 tahun.

Ketiga, pendidikan SLTA atau sederajat sebesar Rp 3 juta pertahun, dengan selesai pendidikan maksimal 3 tahun. Keempat, pendidikan tinggi maksimal strata 1 atau pelatihan sebesar Rp 12 juta per tahun dengan menyelesaikan pendidikan maksimal 5 tahun.

Manfaat beasiswa ini akan diterima ahli waris tenaga kerja yang diambil alih total, tetap dunia, baik akibat kecelakaan kerja juga bukan akibat kecelakaan kerja.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *