oleh

Melanggar Sempadan Jalan, Satu Unit Ruko di Tomoni Dibongkar

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Luwu Timur membongkar satu unit Ruko berkonstruksi beton di Jl. Poros Sulsel-Sulteng tepatnya di Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, Senin (29/04/19).

Pembongkaran tersebut juga disaksikan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahcri Syam serta pemilik Ruko, H. Badu Warga Kecamatan Mangkutana.

Menurut Kabid penegakan Perda Satpol PP Lutim, pembongkaran ini dilakukan lantaran bangunan tersebut berdiri di atas sempadan jalan.

Hal itu terkuak saat tim teknis dari Dinas PU dan Satpol PP melakukan pengukuran. Alhasil, jarak dari as jalan ke lokasi bangunan hanya berukuran 6,5 meter.

Sementara kata dia, pada Peraturan Daerah (Perda) seharusnya jarak dari as jalan ke bangunan yakni 20,5 meter.

Menurutnya, dari temuan itu pemilik Ruko dinilai melanggar pasal 5 huruf a Perda Lutim nomor 8 tahun 2018 tentang perubahan Perda Lutim nomor 5 tahun 2012 tentang garis sempadan.

“Persoalan ini sudah berlangsung lama. Pemilik Ruko berulang kali kami tegur untuk tidak meneruskan pembangunan, namun masih melakukan penambahan bangunan,” terang Bahar.

Setelah kami jelaskan ke pemilik Ruko tentang aturan, akhirnya Ia bersedia untuk dilakukan pembongkaran, sehingga berjalan lancar, tambahnya.

Liputan: Redaksi | Editor: Amk.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *