oleh

PKK Luwu Timur Ajak Kader Terapkan PHBS Di Rumah Tangga

INPUTRAKYAT_LUTIM, — Tim penggerak PKK melalui POKJA III mengadakan Sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dirumah tangga (Rumah Layak Huni). Kegiatan sosialisasi ini dibuka Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj Puspawati Husler yang dipusatkan di Aula Rujab Bupati Luwu Timur, Jumat (29/09/2017).
Puspawati mengatakan manfaat dari menerapkan PHBS dilingkungan keluarga yaitu kesehatan keluarga terjaga, anak dapat tumbuh cerdas, giat bekerja, fokus pengeluaran pada gizi, pendidikan dan modal usaha. Sedangkan manfaat PHBS untuk masyarakat daintaranya mengupayakan lingkungan sehat, mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan.
Menurutnya sasaran PHBS dilingkungan rumah tangga agar semua prilaku kesehatan lahir atas kesadaran sehingga anggota keluraga dapat menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.
“PHBS di rumah tangga penting, ¬†agar seluruh anggota keluarga paham dan mampu melaksanakan PHBS dengan kesadaran penuh” katanya.
“Kesehatan adalah hak dasar manusia yang merupakan karunia Tuhan yang sangat tinggi nilainya.
Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia, oleh karena itu perlu dipelihara dan ditingkatkan” tambahnya.
Untuk diketahui, Adapun 10 indikator PHBS yaitu, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi air susu ibu (ASI) ekslusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah.

Liputan: Febi | Editor: Enggar.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *