Pospera Lutim Minta Tim Gugus Transparan dan Serius Tangani Covid-19

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Sampai saat ini pandemi virus corona atau covid-19 belum berakhir.

Sejumlah penanganan dilakukan pemerintah Kabupaten Lutim untuk mencegah covid-19 diantaranya penyemprotan disinfektan dan pembagian masker serta menerapkan maklumat.

Tidak hanya itu, pemerintah daerah Kabupaten Luwu Timur juga membentuk tim gugus covid-19.

Tujuannya, untuk melakukan tindakan di lapangan baik pencegahan maupun tindakan medis serta mengeluarkan informasi perkembangan covid-19.

Namun hadirnya tim tersebut menuai sorotan dari Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Luwu Timur, Erwin R Sandi.

Erwin mengatakan, seharusnya tim ini lebih intens lagi melakukan pencegahan disejumlah titik di Kabupaten Luwu Timur.

“Karena tim ini lebih paham secara tehnis apa saja yang akan mereka lakukan,” tandas Erwin, Senin (27/04/2020).

Namun yang saya lihat selama ini, tidak ada koordinasi antara satu dengan yang lain, sehingga dimasing bidang dalam tim bingung mau melakukan apa, jelasnya.

Selain itu, saya juga mengamati informasi perkembangan covid-19 yang dikeluarkan oleh tim gugus, hasilnya selalu itu-itu saja dan seolah-olah kita digiring bahwa Lutim aman atau zona hijau.

Sementara baru-baru ini kita dibuat kaget dengan beredarnya informasi dari PT Vale bahwasanya tiga orang dinyatakan positif setelah mengikuti rapid test, ujarnya lagi.

Dari info itu kata dia, kami pertanyakan ke tim gugus sejauh mana penanganannya terkait hal itu. Kalau diantaranya ada yang di isolasi mandiri bagaimana tim gugus menangani ini.

Tidak hanya itu, tim gugus juga harus mengecek, dari mana saja mereka, dan dengan siapa saja mereka berinteraksi sebelum dinyatakan positif covid-19 hasil rapid test.

“Kita berharap orang yang ditemani berintraksi sebelumnya sehat-sehat saja, tetapi kalau misalnya sakit, tim ini mau melakukan apa?, sementara yang saya lihat dilapangan tidak ada pergerakan,” katanya.

Selain minimnya pergerakan, saya juga menilai kalau tim ini belum ada koordinasi ke PT Vale untuk mengambil langkah-langkah penanganan selanjutnya.

“Sekali lagi kami minta ke tim gugus agar jangan diam yang seolah-olah tidak ada masalah, buka informasi ke masyarakat perkembangan covid-19 supaya masyarakat lebih waspada dan tidak menerka-nerka,” tambahnya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi. MK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *