Stadion Mattoanging Bersengketa, Ini Kekhawatiran Andi Ilhamsyah Mattalatta

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_MAKASSAR – Ketua Pembina Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan Andi Ilhamsyah Mattalatta khawatir akan jatuh korban akibat perseteruan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) dengan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

Perselisihan antara kedua belah pihak terkait hak pakai penggunaan Stadion Mattoanging, sampai saat ini masih berlanjut di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar.

Andi Ilhamsyah Mattalata menekankan sepenuhnya YOSS menyayangkan jika Stadion Mattoanging disinyalir akan dialihfungsikan oleh Pemprov Sulsel.

Hal ini menurut Ilhamsyah, sangat menyalahi cita-cita almarhum Andi Mattalata saat menangani Stadion Mattoanging tidak bermaksud untuk memperkaya keluarga melainkan diperuntukkan bagi warga sulsel, jelasnya.

Dikatakan Andi Ilhamsyah Mattalata, “kami khawatir bila Stadion Mattoanging akan bernasib sama dengan Stadion Barombong terbengkalai jika Nurdin Abdullah tidak lagi menjabat Gubernur Sulawesi Selatan nasib baik jika Nurdin Abdullah terpilih diperiode kedua tapi belum ada jaminan sampai saat ini”, jelasnya.

Selayaknya Bugis Makassar, Kata Ilhamsyah, ada disebut budaya Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipatokkong untuk mencegah jatuhnya korban dikedua belah pihak YOSS sepenuhnya bersedia berunding namun Pemprov Sulsel ogah menerima usulan kami, tegasnya saat ditemui di Kampoeng Popsa, Jum’at (3/1/2020).

Senada dengan Ilhamsyah Mattalata, Kuasa Hukum YOSS Hasan menambahkan, jika kemungkinan opsi perundingan diterima Pemprov Sulsel maka YOSS akan menawarkan dua Opsi.

“Opsi pertama, YOSS bersedia bersinergi dengan Pemprov Sulsel jika YOSS nantinya turut dalam kepengelolaan Stadion Mattoanging, dan Opsi kedua, jika pengelolaan Stadion Mattoanging sepenuhnya dikelola oleh Pemprov Sulsel maka YOSS akan layangkan ganti rugi pada Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, paparnya.

Ditegaskan Ilham, jika 1 keinginan Pemprov Sulsel untuk melihat dunia olahraga di Sulawesi Selatan Maju melalui penataan fasilitas olahraga maka YOSS sertakan 10 keinginan pada Gubernur Sulawesi Selatan untuk memajukan olahraga sepanjang itu niatnya baik.

Menurutnya, sampai saat ini pengelolaan Stadion Mattoanging didanai oleh YOSS selama puluhan tahun. bahkan ketika Nurdin Halid menjabat Ketua Umum PSSI, Stadion Mattoanging dijadikan tuan rumah Piala AFC dana dibiayai oleh Nurdin Halid sebab kecintaan beliau pada dunia sepakbola, imbuhnya.(*)

Liputan :  Freya  |  Editor :  Amk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *