Tahapan Pilkada Luwu Timur Resmi Dimulai

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Timur resmi dimulai.

Hal itu dibuktikan dengan digelarnya lounching Pilkada Bupati dan wakil Bupati 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lutim.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor KPU, Kamis (10/01/20) sore.

Mengawali sambutan, Ketua panitia sekaligus sekertaris KPU Lutim, Rahmansyah mengatakan, bahwa launching hari ini bukan sekadar seremonial belaka.

Kegiatan ini dimaknai sebagai komitmen menciptakan pilkada 2020 bermartabat, tanpa hoaks dan politik uang, ujarnya.

“Kami harapkan semua yang hadir bisa mengarahkan masyarakat agar pilkada 2020 bermartabat, no hoax dan no money politic,” pintanya.

Ia mengapresiasi pemerintah daerah dalam mendukung penuh pesta demokrasi mendatang. Diketahui hibah dana pilkada dari Pemkab Lutim mencapai Rp 30,6 miliar yang pencairannya bertahap.

Senada dari itu, Ketua KPU Lutim, Zainal menuturkan bahwa Pilkada sudah dimulai, diharapakan masyarakat berpartisipasi dan memahami pentingnya Pilkada.

Sehingga kata dia, Pilkada nantinya bisa berjalan dengan baik dan bermartabat.

Menurutnya, dari 12 Kabupaten Kota di Sulsel yang mengadakan Pilkada serentak, Luwu Timur tercepat setalah Lutra dan Gowa penandatangan Naskah Hibah Daerah (NPHD).

Lanjutnya, setelah lounching ini tahapan pertahapan akan digelar nantinya seperti tahapan pendaftaran pasangan calon yang digelar 16 Juli mendatang.

Kemudian kata dia, tahapan penetapan, pencabutan nomor urut, kampanye, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih.

Sementara itu, Sekda Lutim, Bahri Suli mewakili pemerintah daerah menuturkan agar setiap tahapan diharapkan masyarakat saling bersinergi agar Pilkada bisa berjalan sukses, aman dan damai.

Diakhir acara, louncing ditandai dengan diluncurkannya maskot Sipleci dan pelepasan burung pleci serta merpati yang melambangkan kedamaian dan pelepasan balon ke udara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komisioner KPU Sulsel Divisi Teknis Asram Wijaya dan Syarifuddin, Wakapolres Lutim, Pabung TNI, pihak Kejari, para Kepala OPD, tokoh adat Macoa Bawalipu, Bau Muhammad Aras Abdi To Baji Pua Sindri, perwakilan partai politik dan elemen masyarakat.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *