oleh

Tahun Ini Menkeu RI Pastikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,17 Persen, Begini Syaratnya

INPUTRAKYAT_JAKARTA,–Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan ekonomi Indonesia bertumbuh 5,17 persen di 2017. Proyeksi ini dapat tercapai dengan syarat investasi tetap tumbuh di atas 5 persen dan pertumbuhan pengeluaran pemerintah.

“Sampai akhir tahun ini, pertumbuhan ekonomi diprediksi 5,17 persen,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (28/9/2017).

Asal diketahui, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.

Ekonomi nasional diproyeksikan dapat tumbuh 5,17 persen dengan catatan pertumbuhan investasi meningkat di atas 5 persen, konsumsi rumah tangga tetap 5 persen, ekspor 5,4 persen, dan impor tumbuh sebesar 1,9 persen.

“Proyeksi pertumbuhan ekonomi 5,17 persen di 2017, maka pertumbuhan investasi harus mencapai 5,2 persen,” kata Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Di temui terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengaku kinerja investasi Indonesia sudah cukup baik. Namun, pertumbuhan ekonomi perlu didorong dari pertumbuhan konsumsi pemerintah.

“Investasi kita sudah lumayan baik. Yang harus dipacu adalah APBN-nya, harus tumbuh (positif). Jadi kalau mau ekonomi tumbuh 5,2 persen, pengeluaran pemerintah dan ekspornya harus tumbuh,” tegasnya.

Liputan: Wulan | Editor: Zhakral.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *