oleh

Tanamkan Pengetahuan Sejarah, Kodim 1415 Selayar Gelar Nobar Film G30S/PKI

INPUTRAKYAT_SELAYAR,–Instruksi Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bagi seluruh institusi TNI di pelosok nusantara untuk melakukan kegiatan penayangan dan pemutaran film G30S/PKI dijabarkan jajaran Kodim 1415 Kepulauan Selayar.

Dibawah Komando, Letkol ARM Yuwono, S.Sos, MM bakal penyebarluasan informasi rencana nonton bareng film G30S/PKI di empat Koramil dan tujuh Pos Ramil.

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Markas Komando Distrik Militer 1415 Kepulauan Selayar.

Letkol ARM Yuwono mengatakan, pemutaran film G30S/PKI sudah mulai dilaksanakan secara serentak sejak hari Rabu, (20/09) dan berakhir Sabtu (30/09) malam.

Lanjutnya, pemutaran film ini merupakan media serta wahana pembelajaran sejarah bagi segenap elemen bangsa dan generasi muda dalam upaya untuk menanamkan pentingnya penerapan nilai-nilai pendidikan sejarah dan patriotisme di masyarakat, ujar Yuwono kepada InputRakyat.co.id, Jumat (22/09/17) pagi, di Mako Distrik Militer 1415 Kepulauan Selayar.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan akan menambah wawasan dan pengetahuan generasi bangsa akan catatan perjalanan sejarah perjuangan yang dirasakan semakin tergerus oleh midernisasi dan perlahan mulai luntur, hingga tak sedikit diantara mereka, generasi bangsa yang tak lagi memahami catatan sejarah perjuangan masa lalu, katanya.

Kesadar akan hal tersebut Kata Yuwono, jajaran institusi TNI-AD dari satuan Kodim 1415 Kepulauan Selayar, mencoba menginisiasi kegiatan pemutaran film G30S/PKI dalam rangka untuk mengembalikan ingatan masyarakat akan arti pentingnya memahami nilai-nilai sejarah perjuangan kemerdekaan.

“Inisiasi pemutaran film G30/S-PKI dimaksudkan sebagai media pendidikan non formal yang diharapkan, bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan sejarah yang benar tentang pergerakan dan pemberontakan G30S/PKI dalam meronrong keberlangsungan pemerintahan serta keutuhan NKRI,” terangnya.

Ia menambahkan, acara nonton bareng penayangan film G30S/PKI akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Markas Komando Satuan TNI di Indonesia. Oleh sebab itu, pemutaran film tersebut bakal dilaksanakan oleh jajaran satuan Kodim 1415 Kepulauan Selayar dimulai sejak tanggal 20-30 Spetember, ucapnya.

“Hal ini diharapkan untuk bisa ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, terkhusus bagi generasi muda, hingga dengan sendirinya, mereka akan paham tentang sejarah pemberontakan dan penghianatan G30S/PKI, kunci Yuwono kepada wartawan.

Liputan: Fadly Syarif | Editor: Zhakral.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *