Terkuak, Eks Staf Bendahara Disdik Lutim Ini Diduga Gasak Dana Lain

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Berbagai aksi tak terpuji BI, mantan staf bendahara Dinas Pendidikan Luwu Timur, terbongkar.

Sebelumnya, BI terekam CCTV melakukan pembobolan brankas Dinas Pendidikan sebagaimana diberitakan sebelumnya.

Berdasarkan pengakuan bendahara Dinas Pendidikan Lutim, Aetken bahwa BI diduga sebelumnya sudah pernah menggasak dana lain, ungkapnya, Sabtu (25/01/2020).

Dana lain kata dia, dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan dana aplikasi tahun 2018 lalu.

“Persoalan ini pernah dikeluhkan pihak sekolah ke saya terkait ulah BI. Salah satunya pihak SMP 1 Tomoni Timur,” beber Aetken.

Katanya, saat itu BI menakut-nakuti bendahara sekolah dengan menyampaikan tidak boleh menyimpan saldo dana BOS di rekening dan harus dikembalikan ke negara.

Terhasut modus BI, bendahara sekolah akhirnya kembali menarik saldo dana dari rekening, seketika itu juga BI meluncurkan aksinya dengan menawarkan dirinya membantu mengembalikan dana tersebut.

Rupanya kata pihak sekolah dana BOS senilai Rp 5 juta tersebut tidak dikembalikan, malahan diambil untuk kepentingan pribadi, ujarnya lagi.

Selain itu, BI juga menggasak dana aplikasi. Sebelumya, saya membuat sebuah aplikasi untuk seluruh sekolah. Hal itu tidak gratis, makanya terlebih dahulu saya talangi, pungkasnya.

Setelah aplikasi sudah jadi, saya berencana menagih ke masing-masing sekolah, ternyata BI terlebih dahulu memungut biaya pembuatan aplikasi.

“Setelah saya cek, rupanya sudah 80 sekolah yang ditagih tanpa memberitahukan ke saya dan tidak diketahui dana itu dikemanakan,” terang Aetken.

Menurutnya, biaya aplikasi tersebut senilai Rp 1 juta dengan metode pembayaran per triwulan dari sekolah.

Pasca, kelakuan BI terbongkar pihak Dinas Pendidikan Lutim memberikan sanksi administrasi berupa pemutasian ke salah satu sekolah dasar.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi dari BI terkait persoalan tersebut.

Liputan: Asmar | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *