Walikota Palopo Ikuti Sosialisasi Dana Kurt Dan Kostrarani Di Makassar

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT, PALOPO– Walikota Palopo, Judas Amir menghadiri Sosialisasi Pemanfaatan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Implementasi Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) yang dilaksanakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian RI di Wisma Negara, Centre Point of Indonesia (CPI), Metro Tanjung Bunga Makassar, Sabtu(25/01/2020).

Sosialisasi tersebut dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Kementan sendiri telah menetapkan program utama dengan dukungan pembiayaan melalui KUR dan KOSTRATANI di setiap Kecamatan.

SYL berharap KUR dan Kostratani bisa lebih cepat menggerakkan pembangunan pertanian pedesaan menuju pertanian maju, mandiri dan modern,

“peran itu nanti digerakkan oleh BPP sebagai pusat pelaksanaan Kostratani dengan mengefektifkan penyuluhan dan meningkatkan keahlian para penyuluh pertanian,”ujar Syahrul.

Oleh karena itu, Kostratani menurutnya di desain agar bisa mengidentifikasi potensi komoditas unggulan lokal yang bisa mengungkit pendapatan dan kesejahteraan petani.

“Merica yang sering kita temukan di meja restoran-restoran, dengan intervensi teknologi dan pendampingan penyuluh, ke depan hal seperti ini sudah bisa diproduksi di level Kostratani. Cita-cita bersama kita, satu Kostratani memiliki satu pabrik,” ungkap Syahrul.

Pada kesemptan tersebut, Syahrul menyerahkan bantuan pertanian untuk Sulsel dengan total 150 miliar rupiah dalam bentuk 50 unit Traktor Roda empat, 100 unit Traktor Roda dua, 100 unit Pompa Air, 30 unit Combine Harvester, 3,3 ribu ton benih padi, 2,7 ribu ton benih jagung hibrida, 180 ton benih kacang tanah, 338 benih kedelai, 25 ton benih kacang hijau serta pembagian KUR kepada 5 perwakilan Kelompok Tani.

Turut hadir mendampingi Walikota Palopo dalam sosialisasi ini Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo Andi Bachtiar, S.Sos. serta Kabag Humas Pemkot Palopo, Wahyudin, S.An.

Reporter : Ris

Sumber : Hms

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *