oleh

Waspada Terhadap Modus Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai, Ini Penjelasannya

INPUTRAKYAT_MAKASSAR,– Berbagai macam kasus penipuan telah banyak memakan korban salah satunya dengan mengatasnamakan Bea Cukai, modus kejahatan ini kini sedang marak terjadi, tak tanggung-tanggung korban mengalami kerugian besar.

Saat ini Beacukai Makassar gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap modus penipuan ini.

Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Makassar, Satria Yudhatama pada kegiatan Media Breafing di warung Upnormal Jalan Andi Djemma, Senin (29/4/2019), Menjelaskan, modus kejahatan ini memperdaya korbannya melalui pengiriman barang.

“Oknum ini meminta uang kepada masyarakat atau penerima barang, arahnya ke pemerasan. Yang bersangkutan dapat mengirim barang setelah mendapat kiriman dari si penerima. Kiriman barang lewat luar negeri otomatis melewati mekanisme Bea Cukai, kemudian mereka mengatasnamakan Bea Cukai,” jelasnya.

Satria menerangkan bahwa saat ini pembayaran pajak ke Bea Cukai semua melalui sistem online atau Bank jadi tidak menerima uang tunai

Ia pun menegaskan bahwa Bea Cukai akan tegas memberikan sanksi apabila ada oknum pegawai terlibat tindak pidana atau penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

“Sanksinya adalah pecat sesuai dari instruksi Dirjen kita,” tegasnya

Pada kesempatan yang sama di acara media briefing tersebu, Bea Cukai Makassar juga memperkenalkan aplikasi berbasis android yang dapat memudahkan masyarakat mengurus izin barang bawaan dari luar negeri.

Kepala Humas Beacukai ini menjelaskan inovasi ini bertujuan memudahkan para penumpang, cukup mendaftar barang bawaan mereka dengan mengisi formulir melalui handphone dan mengirimnya paling lambat sebelum memasuki area bea cukai.

“Inovasi custom declaration atau pemberitahuan pabean yang sebelumnya dalam bentuk formulir kertas, kini sudah dibuat menjadi formulir berbasis digital.” Kuncinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *