Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Nasional

Enam Pekerja Asal Sulawesi Pilih Kuasa Hukum untuk Gugat PT Achivon

229
×

Enam Pekerja Asal Sulawesi Pilih Kuasa Hukum untuk Gugat PT Achivon

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_BANTEN,–PT Achivon diduga menabrak Undang-undang Ketenagakerjaan terhadap Enam orang pekerja Tukang Las (Welder) asal Sulawesi.

Para pekerja itu mengklaim telah dirugikan secara sepihak oleh pihak PT Achivon perusahaan yang beralamat diwilayah Banten.

Example 300x600

Keenam warga Sulawesi itu dikabarkan telah dibebani dengan pemotongan biaya tiket pesawat, selain itu besic (Gaji pokok) mereka juga tidak dibayarkan sejak tanggal 6 sampai 14 April saat mudik Cuti Lebaran yang jatuhnya pada tanggal 12 April 2024 lalu.

Sebelumnya pekerja ini telah memberikan waktu sebulan untuk menunggu itikad baik pihak PT Achivon agar mengembalikan gaji mereka yang dipangkas diduga secara brutal.

Namun hingga saat ini pertanggal 24 Mei 2024 belum ada penyelesaian yang diharapkan para mantan karyawan tersebut.

Mengacu pada Undang-undang Ketenagakerjaan di Negara Republik Indonesia, keenam pekerja ini secara resmi menempuh jalur hukum lewat kuasa hukumnya untuk menuntut hak-haknya terhadap pihak perusahaan kontraktor PT Achivon.

Tindakan itu diambil lantaran perusahaan itu melakukan tindakan secara tidak berimbang terhadap pekerja ini, melalui pembahasan panjang para mantan karyawan PT Acivon ini sepakat untuk menempuh jalur hukum.

Warga Sulawesi ini bertujuan agar hak-hak mereka segera diberikan dan juga memberikan efek jerah terhadap perusahaan yang tidak mengikuti aturan yang ada.

Adapun wara tersebut masing-masing berinisial FK,YS,AG,HR,SL dan SR Kelima warga ini berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel) dan satu orang berasal dari Sulawesi Tengah (Sulteng)

Secara terpisah dilakukan konfirmasi Aslam Fadli SH membenarkan jika keenam orang tersebut sudah secara resmi dirinya di angkat menjadi kuasa hukum terkait permasalahan yang mereka alami terhadap perusahan yang mereka sebutkan.

“Perusahaan PT Achivon, menurut data yang dihimpun, kontraktor ini memperkejakan mereka dan beraktivitas sebagai kontraktor instalasi pipa pengelasn penyambungan pipa di area Lotte Cimical Banten,” ucap Aslam Fadli S.H, yang juga Ketua Umum LBH Cinta Lingkungan Pencari Keadilan, sekaligus President Direktur LAW FIRM CLPK & ASSOCIATES (Enviromental & Justice Attorney).

Menurut Aslam, berdasarakan keterangan klien kami enam orang ini dan secara langsung mendengarkan penjelasannya saya bersiap menjadi kuasa hukumnya agar hak-hak keenam pekerja itu diberikan.

“Iya benar, saya sudah mendengarkan langsung dan sudah memahami kronologisnya perusahaan tersebut telah banyak melakukan pelanggaran dan menabrak Undang-undang yang sudah ada ditetapkan pemerintah pusat”, Kata Aslam. Selasa 21 Mei 2024.

Meski Aslam mnyebut banyak menemukan dugaan pelanggaran, namun dirinya enggan menjelaskan pelanggaran apa saja dilakuan oleh perusahaan tersebut.

“Nanti saja yah kami akan sampaikan setelah berproses terkait pelanggaran yang kami temukan itu, mohon maaf belum kami sampaikan, dan tim kami sudah mengumpulkan bukti-bukti insyaallah akan kami lakukan somasi terhadap perusahaan tersebut,” Sambungnya.

Kita akan kawal, lanjut Aslam menambahkan, selain itu demi untuk menegakkan kebenaran diatas bumi Ibu Pertiwi, kami akan buktikan bahwa tidak ada yang kebal terhadap hukum semua itu dilakukan agar memberikan efek jerah terhadap perusahaan-perusahaan yang melakukan pembodohan terhadap karyawan.

Berdasarakan data dalam pencarian media ini, Google Maps menujukkan, PT Achivon Prestasi Abadi, beralamat di Kotasari, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Hingga berita ini diterbitkan awak media belum tersambung ke pihak perusahaan tersebut dan masih melakukan upaya agar mendapat akses melakukan konfirmasi ke dinas terkait di kota Banten.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *