Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Advertorial

Hadiri Panen Perdana, Wabup Lutim Operasikan Mesin Komben Harvester

1047
×

Hadiri Panen Perdana, Wabup Lutim Operasikan Mesin Komben Harvester

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengoperasikan alat mesin pertanian (Alsintan) modern jenis komben harvester bantuan Kementerian Pertanian (Mentan) RI dalam kegiatan panen perdana padi musim tanam Oktober-Maret 2017 di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Sulsel, Selasa (07/11/17).

Tampa Wabup Lutim mengoperasikan Mesin Komben Harvester.

Panen perdana dilakukan di lahan seluas 0,5 juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Aris Situmorang, Anggota DPRD Suwandi dan I Made Sariana, Kadis Pertanian Muharif, Camat Tomoni serta puluhan kelompok petani penggarap tanaman padi.

Example 300x600

Dalam laporannya, Kadis Pertanian Kabupaten Luwu Timur Muharif mengatakan, bahwa luas lahan panen untuk musim tanam oktober – maret 2017 seluas 21.487 Ha dengan produktivitas rata rata 8,08 ton per hektar.

“Kita tentunya berharap hasil ini terus bertambah seiring dengan panen raya yang akan kita lalui dalam beberapa minggu kedepan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengungkapkan, keberhasilan yang telah dicapai ini sepatutnya disyukuri dan semakin memacu kerja dengan memaksimalkan dan menggali potensi potensi sumber daya yang kita miliki.

Menurut Irwan, potensi pertanian di Kabupaten Luwu Timur masih memiliki peluang yang sangat besar, olehnya itu pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui instansi terkait telah mencanangkan program program yang mendukung kearah peningkatan produksi sektor pertanian.

Dirincikannya, beberapa program pertanian yang dicanangkan diantaranya pembagunan dan rehabilitasi Jides, pengadaan hand traktor, perluasan dan percetakan sawah baru, penyediaan benih unggul, menjamin ketersediaan pupuk, dan pembangunan RMU serta pengoptimalan bantuan sarana pasca panen.

“Pada hakekatnya semua ini dalam rangka peningkatan produksi, perbaikan kualitas komoditi, harga jual produk kompetetif akses pasar yang terbuka luas, serta meningkatkan kesejahteraan petani” ujar Irwan.

Usai menggelar pesta panen, Dinas Pertanian juga menggelar pelatihan kepada operator oleh pemilik pabrik yakni PT. Pura Baru Tama.

Liputan: Opy | Editor: Zhakral.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *