Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Lutim

Luwu Timur Diguncang Gempa Bumi Kekuatan 4,1 SR

284
×

Luwu Timur Diguncang Gempa Bumi Kekuatan 4,1 SR

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Gempa bumi kembali terjadi di Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, Jumat (22/12/17) pukul 06:14:58 Wita.

Berdasarkan, hasil analisis Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 9 Km Barat laut Luwu Timur pada kedalaman 10 km, dengan kekuatan M=4.1 Skala Richter dengan koordinat episenter 2.50 LS dan 121.16 BT.

Example 300x600

Menurutnya, ditinjau dari kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano, hal ini dijelaskan Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, A. Fachri Radjab melalui pesan rilisnya diterima Redaksi InputRakyat.co.id.

Lanjut Fachri, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempa bumi) BMKG atau setara I-II MMI di Luwu Timur dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar, terang Fachri.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah (I SIG BMKG / I – II MMI) di Malili, katanya.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempa bumi dihimbau tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak,” tutupnya.

Liputan: Harding | Editor: Zhakral.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *