Soal Virus Corona, Dinkes Luwu Timur Siap Siaga

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Virus corona tidak hanya menyebar di luar negeri saja, tetapi saat ini virus tersebut sudah masuk ke Indonesia.

Hal itu dibuktikan adanya dua warga Depok, Jawa Barat, dikabarkan positif terjangkit virus corona.

Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kesehatan Luwu Timur, Sulsel, tengah bersiap siaga.

Kadis Kesehatan Lutim, dr. Rosmini Pandin mengatakan, jauh sebelumnya kami sudah lakukan sosialisasi di seluruh Puskesmas, ungkapnya, Senin (02/03/2020).

Lanjutnya, adanya kabar tersebut kita akan mengecek pasien yang mengidap demam di sejumlah Puskesmas.

Menurutnya, ada dua titik yang harus di waspadai yakni Malili dan Sorowako, karena kedua wilayah tersebut terdapat aktivitas tambang yang kemungkinan tenaga asing akan keluar masuk daerah ini.

“Ini akan dibicarakan dengan lintas sektor terkait penanganan tersebut,” ujar Rosmini.

Selain tenaga asing yang keluar masuk, kita juga akan cek tenaga lokal yang keluar daerah, misalnya karyawan PT Vale keluar negeri begitu pula tenaga lokal dari PT CLM dan PUL dengan urusan perusahaan.

Demikian halnya pegawai Pemda Lutim yang melakukan perjalan dinas di luar Sulsel. Ini yang akan terus kami pantau, terangnya lagi.

“Saya menghimbau ke masyarakat agar tidak panik dengan persoalan ini, kita harus senantiasa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar virus tersebut tidak mudah terjangkit,” tambahnya.

Senada dari itu, Direktur RSUD I Lagaligo Wotu, dr. Benny menuturkan kalau pihaknya sudah menyiapkan ruang isolasi.

“Kami sudah menyiapkan satu ruang isolasi sejak Januari 2020,” terangnya.

Tak hanya itu kata dia, RSUD dari spesialis penyakit dalam sudah melakukan seminar tentang virus corona kepada staf yang dihadiri pihak Dinkes dan seluruh Kepala Puskesmas.

Pihaknya juga sudah menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk mengahadapi pasien yang terjangkit virus corona, kuncinya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *