Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Lutra

Begini Tanggapan Mantan Aspuri Bupati Lutra Tentang Kain Rongkong

292
×

Begini Tanggapan Mantan Aspuri Bupati Lutra Tentang Kain Rongkong

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_LUTRA,– Mantan Aspuri Bupati Luwu Utara, Bulan Masagena Bangga menggunakan tenunan tradisional kain Rongkong, ini salah satu cara untuk melestarikan nilai – nilai budaya. Minggu (14/10/2017).

“Tenunan kain rongkong ini merupakan khas peninggalan leluhur, yang diproduksi dari tangan masyarakat secara turun temurun di rongkong,” ungkapnya.

Example 300x600

Ia juga mengataka bahwa bahan baku tenunan tersebut terdiri dari kapas dipintal jadi benang kemudian diberi pewarna alami dari dedaunan dan akar kayu tertentu.

Adapun jenis Tenunan tradisional kain rongkong terdiri dari beberapa diantaranya pori lonjong, pori Situtu’, kulambu tanete, selendang, dan talitobalu.

Selain itu, juga terdapat banyak motif yang masing-masing memiliki makna tersendiri yang mengandung nilai – nilai sosial dalam masyarakat.

“Tenunan tradisional kain Rongkong dapat digunakan sebagai selendang, sarung, baju, tas, aksesoris pelengkap pakaian adat dan juga dijadikan bahan dekorasi pada acara-acara tertentu seperti pesta adat, penyambutan tamu agung dan lain sebagainya,” tutupnya.

Liputan: Rama | Editor: Enggar.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *