Diduga Bersumber dari Lokasi Tambang PT PUL, Jalan Poros Ussu Digenangi Lumpur

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Warga Dusun Salociu, Desa Ussu, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, sempat dibuat panik lantaran banyaknya serpihan batu beserta lumpur menggenangi jalan poros Ussu.

Material itu diduga bersumber dari lokasi tambang PT PUL yang berada dibelakang pemukiman warga dengan posisi diatas gunung. Kejadian itu sekira Pukul 21.31 WITA, Jumat (15/01/2021).

Warga setempat, Imran menceritakan, kejadian itu bermula saat hujan deras, tiba-tiba lumpur beserta serpihan batu menggenangi jalan poros yang diduga bersumber dari lokasi tambang.

“Lokasi tambang itu berada diatas gunung tepat dibelakang pemukiman warga. Dan sudah ada jejak aliran lumpur dari atas gunung,” ungkap Imran, Sabtu (16/01/2021).

Olehnya itu, kami berharap pemerintah daerah menyikapi persoalan ini, karena sangat mengancam keselamatan warga yang bermukim di dusun Salociu.

“Tidak ada korban jiwa maupun rumah warga yang tertimpa material dari kejadian itu, namun warga setempat dibuat khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya kami minta aktivitas tambang PT PUL di lokasi tersebut dihentikan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala BPBD Luwu Timur, Muhammad Zabur mengatakan, kalau kejadian itu disebabkan luapan lumpur dari sediment pond milik PT PUL yang diakibatkan curah hujan yang tinggi.

“Saat ini di lokasi kejadian sudah dilakukan pembenahan agar tidak ada lagi genangan lumpur di jalan raya,” terangnya.

Tak sampai disitu, ia juga menghimbau ke warga yang bermukim di wilayah tersebut agar waspada, karena akhir-akhir ini Luwu Timur diguyur hujan deras.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *