Evaluasi Kasus Proyek BCC Malili dan Apartemen Ikan Dipertanyakan, Pospera Lutim: PT Vale Jangan Tebang Pilih

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Evaluasi terhadap kasus bangunan Baruga Collaboration Center (BCC) Malili dan apartemen ikan menuai tanda tanya.

Pasalnya, pasca tim tehnis PT. Vale melakukan evaluasi dua pekan lalu, namun sampai hari ini hasilnya belum juga dibeberkan.

Sementara senior koordinator PPM program dari Eksternal PT. Vale Indonesia, Ichman Laode saat dikonfirmasi berjanji kalau pihaknya akan menjadwalkan pembahasan hasil evaluasi pada Rabu (21/07/2021).

Menanggapi hal itu, Ketua Pospera Luwu Timur, Erwin R Sandi mengatakan, kalau PT. Vale Indonesia dinilai tebang pilih dalam menghadapi kasus ini, ungkapnya, Jumat (23/07/2021).

Dimana kata dia, ketika masyarakat kecil mencuri besi tua di lokasi PT. Vale yang semata-mata hanya mencari sesuap nasi langsung dipidanakan.

Sementara dua proyek ini yang jelas-jelas ada kesalahan besar didalamnya, PT. Vale malah terkesan tertutup dan bahkan enggan menempuh jalur hukum, sambungnya lagi.

“PT. Vale harus sadar bahwa persoalan ini sangat merugikan kami sebagai masyarakat penerima manfaat,” tandasnya.

Kalau PT. Vale bungkam dalam kasus ini, tentu kami duga ada dugaan kongkalikong berjamaah didalamnya yang sangat merugikan masyarakat, ujar Erwin.

Olehnya itu atas nama masyarakat dan lembaga meminta PT. Vale membuka hasil evaluasi terkait dua persoalan tersebut dan mendesak agar kasus itu diserahkan ke penegak hukum, imbuhnya.

Untuk diketahui, tiga bulan pasca diresmikan, bangunan BCC Malili langsung mengalami rusak berat.

Bangunan BCC Malili menelan anggaran sebesar Rp 2,2 Miliar tahun anggaran 2018-2019 yang dikerjakan oleh CV. Dwi Karya Indonesia melalui proses lelang.

Sementara proyek apartemen ikan dikerjakan oleh CV. Clougc Indonesia melalui proses penunjukan langsung dari tim kesekretariatan PPM 2019. Anggarannya Rp 900 juta.

Kedua proyek tersebut merupakan program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) atau CSR PT. Vale Indonesia.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Anugrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *