FUIB Temui Bupati dan Wabup Luwu Timur, Ini Dibahas

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Sekertaris Forum Umat Islam Bersatu (FUIB), Abd Rauf Dewang beserta rombongan menemui Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Kamis (09/04/2020) malam.

Kedatangan itu dalam rangka silaturahmi sekaligus membahas terkait syiar bulan suci ramadhan serta menyikapi himbauan MUI dan YPRI terkait sholat Jum’at dan sholat berjamaah di Masjid.

Sekertaris FUIB, Abd Rauf Dewang menuturkan, dalam pertemuan ini melahirkan enam kesimpulan, dimana himbauan MUI akan disesuaikan dengan kondisi Masjid.

Masjid yang berada sepanjang jalan protokol (jl Trans Sulawesi-red) untuk kegiatan Jum’at dan sholat berjamaah dapat mengikuti himbauan MUI, dengan pertimbangan ramainya musafir lalu lalang dari luar daerah yang tidak menjamin clear and clean yang dapat berpotensi menyebarkan Wabah covid-19, terangnya.

Sementara Masjid yang berada dilingkungan warga atau perumahan (bukan tempat transit), tetap normal sebagaimana biasanya sholat berjamaah dan sholat Jum’at, dengan memperhatikan kebersihan jamaah seperti mempersiapkan disinfektan di tempat wudhu atau di depan pintu Masjid, dan senantiasa memakai masker saat keluar rumah, ujarnya lagi.

Lanjutnya, untuk jamaah yang sakit seperti flu, batuk, demam dan merasa kurang sehat agar tidak hadir berjamaah di Masjid, serta segera konsultasi ke dokter terdekat.

Selain itu kata dia, tetap membangun komunikasi yang baik dengan semua pihak dan berkoordinasi dalam menyikapi wabah covid-19 serta menggalang persiapan menghadapi jika diterapkan pembatasan sosial berskala besar.

Menjaga hubungan yang harmonis antara semua pihak yang berbeda pandangan dalam menyikapi kondisi saat ini, ucap Rauf.

Terakhir, mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali ada hal yg dianggap sangat penting dan emergency atau untuk memenuhi kebutuhan pokok, kuncinya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *