Ini Tips Agar Pernikahan Tetap Awet

INPUTRAKYAT_JAKARTA,–Faktor pemicu perceraian terbanyak karena peselingkuhan. Pemicu utamanya adalah karena media sosial.

Hal itu dibenarkan Jazilin selaku Humas PA Bekasi.

“Betul, memang fakta (akibat medsos) seperti pengaruh SMS, WhatsApp, dan jejaring sosial lainnya. Hampir 80 persen dari kasus perselingkuhan,” ujarnya, Selasa (03/10/17) di ruang kerjanya¬†Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

Berikut ini tips agar terhindar dari perselingkuhan dan membuat hubungan rumah tangga tetap langgeng:

1. Punya Batasan Saat Bermain dengan Media Sosial

Agar tidak ada pihak-pihak yang salah sangka sebaiknya batasi berhubungan dengan lawan jenis di media sosial. Jangan sampai kebablasan, terlebih lagi curhat soal masalah rumah tangga di media sosial.

2. Mempererat Hubungan Suami-istri dengan Komunikasi

Komunikasi perlu ditingkatkan lagi untuk menghindari prasangka curiga. Curiga bisa berbuah menjadi asumsi ketika hal tersebut tidak dikomunikasikan maka bisa berakhir fatal yakni perceraian.

“Jadi agar hubungannya dengan pasangan tetap menarik, jalin komunikasi lebih terbuka, ekspresikan kasih sayang yang cukup, atau atur keuangan lebih baik,” jelas psikolog Pingkan Rumondor kepada Wolipop.

3. Punya Me-time

Ada kalanya seseorang merasa jenuh dengan pasangannya dan menjadi emosional. Namun agar tidak terjerumus ke dalam perselingkuhan, lebih baik mencari cara untuk mengelola beban emosional agar tidak stress. Misalnya, pergi ke salon, berolahraga yang menenangkan pikiran seperti yoga, dan meluangkan waktu untuk melakukan hobi serta berkumpul dengan teman.

4. Memperkecil Jurang Pemisah

Untuk menghindari perselingkuhan, psikolog empat anak ini menyarankan untuk memperkecil jarak antara Anda dan pasangan. Pererat hubungan Anda, lakukan sesuatu yang disukai pasangan bersama-sama.

“Kalau sudah dekat banget dengan pasangan, orang mau ‘masuk’ aja susah. Makanya sebisa mungkin memperkecil jurang pemisah itu. Komunikasi, diskusi, habiskan waktu bersama, saling mengenal satu sama lain. Jangan sibuk sendiri,” demikian tutur psikolog Liza Marielly Djaprie.

5. Tidak Mencari Pengganti

Bila Anda merasa pasangan tidak menarik lagi, sebaiknya tidak mencari pengganti pasangan. Lebih baik Anda berusaha membuat pasangan terlihat lebih menarik di mata Anda, baik secara penampilan, maupun pola hubungan.

Liputan: Wulan | Editor: Wulan.

Anugrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *