Miris, Siswa di Dusun Balambano Harus Naik Turun Gunung untuk Belajar Online

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Ditengah pandemi virus corona atau covid-19, seluruh pelajar mulai dari TK hingga perguruan tinggi tidak lagi menjalani proses belajar di ruang kelas.

Pemerintah hanya menganjurkan agar para pelajar menjalani proses belajar mengajar melalui sistem online, guna menghindari penyebaran virus corona.

Meski demikian, rupanya kebijakan itu tak semuanya dapat dirasakan siswa, terlebih-lebih siswa yang berdomisili di wilayah yang tak terjangkau jaringan internet.

Demikian halnya yang dialami siswa yang berdomisili di Dusun Balambano, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur.

Dimana puluhan siswa di wilayah tersebut, setiap harinya harus mencari lokasi tinggi untuk dapat mengakses jaringan internet, tepatnya diatas gunung lokasi perkebunan warga setempat.

Ditemui media ini, salah satu pelajar yang enggan disebut namanya mengatakan, hanya diatas gunung ini jaringan internet normal, itupun terkadang hilang, ungkapnya, Rabu (29/07/2020).

Menurutnya, jarak dari rumah ke tempat ini berkisar 1,4 Km. Tidak hanya itu, ada satu lagi tempat yang dimanfaatkan siswa, jaraknya sekitar 2 Km.

Untuk menempuh kedua tempat ini kata dia, kami harus berjalan kaki. Sementara yang menggunakan motor hanya sampai pada tepi jalan poros kemudian berjalan kaki menuju tempat terjangkau internet.

Lanjutnya, ditempat itu kami manfaatkan pondok kebun milik warga agar terhindar dari terik matahari dan hujan.

Ditanya apakah proses belajar ini sulit? Sangat pak, karena disamping kami harus berjalan kaki, ditempat ini juga kadang jaringannya tidak normal.

“Sementara teman-teman lain yang berdomisi di wilayah terjangkau jaringan hanya online di rumah masing-masing,” ucapnya.

Olehnya itu, kami berharap pemerintah daerah sedikit peduli ke kami di wilayah Balambano, karena sejak puluhan tahun sampai saat ini kami belum menikmati jaringan internet.

“Kami juga butuh, kami juga warga Kabupaten Luwu Timur, tolong pemerintah daerah perhatikan kami,” tandasnya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *