Ratusan Warga Luwu Timur Mengadu Nasib di Morowali

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, terbilang kaya dengan sumber daya alam (SDA).

Namun ironisnya, ratusan masyarakat Luwu Timur malah memilih mengadu nasib di daerah tetangga yakni Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Hal itu dibuktikan dengan membludaknya masyarakat memadati Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Malili (KP2KP Malili), Kabupaten Luwu Timur, Selasa (14/01/2020).

Diketahui, kedatangan warga di kantor tersebut dalam rangka mengurus kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi.

Demikian diungkapkan salah satu warga yang enggan menyebut namanya kepada media ini saat ditemui di Kantor KP2KP Malili.

Ia mengaku berasal dari Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda. NPWP ini sebagai syarat untuk digunakan melamar kerja di sebuah perusahaan di Morowali, katanya.

“Rencananya kami mau mendaftar disebuah perusahaan tambang di Kabupaten Morowali, makanya kami urus NPWP,” ujarnya lagi.

Menurutnya, di Luwu Timur tidak ada perusahaan yang membuka lowongan kerja demikian halnya lapangan kerja lainnya.

“Kami baru-baru tamat dari SMA, kebetulan sudah ada teman-teman sebelumnya dari Luwu Timur yang kerja disana makanya kami ikuti, jadi disana nantinya kami ngekos,” ujarnya lagi.

Ditanya harapan-harapannya ke pemerintah daerah, ia meminta agar pemerintah daerah menciptakan lapangan pekerjaan agar warga Lutim mudah mencari pekerjaan.

Tidak hanya itu, dirinya berharap pula agar pemerintah daerah segera mungkin membangun balai latihan kerja sebagai tempat peningkatan SDM dan keterampilan bagi calon tenaga kerja.

Terpisah, pihak Kantor KP2KP Malili, Bustman membeberkan kalau dua bulan terakhir masyarakat Lutim bermohon NPWP pribadi berjumlah 500 orang.

NPWP ini katanya akan digunakan mendaftar di salah satu perusahaan tambang di Morowali, singkat Bustman.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *