Terapkan Protokol Kesehatan Pengurus Vihara Arama Maha Budha Bersihkan Patung Budha

  • Whatsapp
Ket : Vihara Arama Maha Budha

INPUTRAKYAT_MAKASSAR— Pengurus Vihara Arama Maha Budha di Jalan Tanjung Bunga Kecamatan Tamalate Kota Makassar, Mulai melakukan ritual bersih-bersih patung Budha. Bersih-bersih patung Budha di lakukan menjelang tahun baru China atau Imlek 2572, pada Minggu 7 Februari 2021 siang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana banyak ummat budha berkumpul di Vihara, untuk ikut bersih-bersih tahun ini hanya pengurus Vihara dan beberapa ummat budha saja, yang melakukan bersih-bersih patung Budha.

Bhante Bhadra Cetana, Wakil Kepala Wihara Arama Budha.

“Tiap tahun kami melakukan bersih-bersih patung Budha sebagai bentuk kebaktian, ini di lakukan tiap tahun biasanya para ummat datang untuk ikut bersih-bersih, membawa anak-anak juga tapi karena pandemi tahun ini di batasi, untuk mencegah penularan covid 19” kata Bhante Bhadra Cetana, Wakil Kepala Wihara Arama Budha.

Sebagai bentuk suka cita dan pengabdian umat Budha di Arama Maha Budha, membersihkan patung budha. Ini juga sebagai simbolis pembersihan bathin menjelang tahun baru China. Umat Budha juga berbahagia melakukan kebajikan.

“Selain membersihkan altar budha ini juga sebagai renungan bathin umat budha untuk membersihkan kekotorangn badhin dalam diri umat budha” Terang Bhante Bhadra Cetana.

Umat Budha Ikut Membersihkan Patung Budha

Sebagai bentuk kepatuhan pada pemerintah kota Makassar, di masa pandemi covid 19 ini pengurus dan umat yang ikut dalam prosesi pembersihan patung Budha, di wajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan rajin mengunakan hand sanizanitiser setelah bersih-besih.

Imlek atau tahun baru China 2572 tahun ini jatuh pada Jum’at 12 Februari 2021 Masehi. Imlek tahun ini adalah tahun Kerbau logam. Para umat berdoa agar tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan pandemi covid 19 bisa segera berlalu.

Liputan : Ardi |Editor: Risa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *