Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Lutim

Tingkatkan Kapasitas BPD, DPMD Gelar Bimtek

112
×

Tingkatkan Kapasitas BPD, DPMD Gelar Bimtek

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Guna mendukung terwujudnya pemerintahan desa yang profesional, efisien, efektif, terbuka dan bertanggung jawab sebagaimana diamanatkan oleh Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa maka perlu ditingkatkan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dalam Manajemen Pemerintahan  khususnya peningkatan pengetahuan dan keterampilan Badan Permusyawaratan Desa.

Dalam kaitan itu, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Aula Hotel Sikumbang,  Kamis (14/11/2017) .

Example 300x600

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari 14- 16 Desember 2017 ini dibuka Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan H. Budiman, kegiatan yang diikuti sebanyak 372  BPD dari 124 Desa se Kabupaten Luwu Timur dibagi menjadi 6 angkatan.

Kepala Bidang Penataan Desa DPMD Hj. St. Naraeni mengatakan tujuan dari bimtek ini agar BPD sebagai mitra Pemerintah Desa dapat meningkatkan dan mengoptimalkan pemahaman terhadap kinerja dan fungsi, sehingga terjalin sinkronisasi dan harmonisasi antara BPD dan Pemerintah Desa. Adapun materi Bimtek meliputi, diskusi,  tanya jawab serta simulasi.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan H. Budiman yang mewakili Bupati saat membuka bimtek berharap para peserta dapat memanfaatkan maksimal kegiatan yang dipandang sangat penting dalam memupuk kebersamaan antara kades dan BPD guna menyamakan persepsi terhadap pembangunan desa.

Budiman juga menilai bimtek sangat bermanfaat meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan desa dalam rangka pelayanan masyarakat yang lebih baik.

“Harapan pimpinan,  agar anggota BPD yang mengikuti bimtek ini dapat memanfaatkan kesempatan ini, agar nantinya para peserta bisa lebih memahami tugas dan fungsinya dan pada akhirnya dapat diaplikasikan dengan baik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa diwilayahnya masing masing” ujar H. Budiman.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga mengingatkan agar BPD dapat berpikir kreatif untuk meghasilkan inovatif,  karena menurutnya hal ini juga merupakan salah satu penunjang keberhasilan berkembangnya suatu daerah.

“Olehnya itu setelah mengikuti bimtek ini diharapkan ada perubahan mindset (pola pikir), karena dengan merubah pola pikir saya yakin perubahan akan segera tercapai”ungkapnya menutup sambutannnya.

Liputan: Ophy | Editor: Zhakral.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *