UTD Segera Dibangun di Sorowako dan RS Atue

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar rapat koordinasi di Aula Rujab Bupati, Sabtu (17/07/2021) pagi.

Rapat tersebut merupakan buntut dari keluhan masyarakat Kecamatan Nuha dan sekitarnya mengenai tidak tersedianya Unit Transfusi Darah (UTD) di wilayah sana.

Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim memimpin rapat itu dan didampingi langsung Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Lutim, Sarkawi A Hamid.

Ditemui usai kegiatan, Sarkawi Hamid yang juga anggota DPRD Lutim menuturkan, kalau rapat tersebut membahas mengenai soal UTD, ungkapnya.

Karena saat ini kita hanya memiliki UTD di RSUD I Lagaligo Wotu, sebagaimana amanat Permenkes nomor 83 tahun 2014 tentang UTD dan BDRS serta jejaring transfusi darah, sambungnya lagi.

“Nah’ dari Permenkes itu, maka UTD hanya bisa diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemda atau PMI, sehingga RS Awal Bros Sorowako tidak bisa lagi menyiapkan UTD lantaran berstatus swasta,” ujarnya.

Olehnya itu, guna memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat di wilayah timur tepatnya di kecamatan Nuha, Towuti dan Wasuponda, maka dalam waktu dekat Pemda dan PMI akan melihat lokasi alternatif sementara untuk memfungsikan UTD di Sorowako.

UTD ini nantinya kata dia, sebagai perpanjangan operasional UTD RSUD I Lagaligo Wotu guna mengantisipasi hal-hal yang sifatnya emergency terhadap kebutuhan akan darah atau trombosit.

Tidak hanya itu lanjut Sarkawi, PMI juga akan membangun gedung UTD yang refresentatif dengan dukungan penuh Pemda, PMI provinsi serta PMI pusat, sebagai sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan darah/trombosit.

UTD ini nantinya akan dibangun di kompleks RS Atue Kota Malili. Sekaligus dibangun pula UTD penyanggah di Wilayah Sorowako secara permanen, bebernya.

Ditambahkannya, bahwa UTD tersebut akan dikelola secara organisatoris oleh PMI bersama pemerintah daerah sebagaimana amanat perundang-undangan.

Hadir dalam Rakor itu, jajaran pengurus PMI Luwu Timur dan Ketua IDI Luwu Timur sekaligus Kepala UTD I Lagaligo Wotu dan manajemen PT. Vale.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Anugrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *