Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Lutim

Wabup Lutim Optimis Luwu Timur Capai Swasembada Padi Organik

158
×

Wabup Lutim Optimis Luwu Timur Capai Swasembada Padi Organik

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri¬† Syam optimis jika kabupaten luwu timur mampu mencapai swasembada padi organik.

Akan tetapi, menurutnya swasembada padi organik tersebut hanya akan bisa dicapai jika kedepan seluruh pihak terkait didaerah itu sudah mampu bekerja sama dan membangun kesefahaman dalam mengembangkan pertanian organik.

Example 300x600

“Jadi jangan lagi bekerja sendiri-sendiri, kita harus duduk bersama untuk mencapai target ini”. Ungkap Irwan saat menghadiri Workshop Nasional Pengembangan Padi Organik Melalui metode Sistem of Rice Intensification (SRI) yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan PT Vale dan AKAR (Asosiasi Masyarakat Organik) Luwu Timur di aula Dinas Pendidikan, Malili, Senin (18/12/2017).

“Dari penyediaan lahan, mempersiapkan SDM petani, hingga sarana maupun prasarana harus dapat dipersiapkan secara matang” kata Irwan lagi.

Sistem budidaya yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis dalam bercocok tanam atau dikenal dengan sistem pertanian organik, memang semakin diminati para petani di Kabupaten Luwu Timur. Terbukti dengan besarnya animo petani dari sejumlah kelompok tani yang ada diluwu timur mengikuti workshop tersebut.

Menurut Irwan sistem pertanian organik juga dapat menjadi solusi atas masalah klasik yang selama ini selalu dihadapi oleh para petani, seperti kelangkaan pupuk. Sebab dengan sistem pertanian organik yang mengandalkan bahan-bahan alami dalam mengolah tanah tentu tidak lagi membutuhkan pupuk kimia.

Meski Kabupaten Luwu Timur masih tergolong daerah yang baru memulai sistem pertanian organik, daerah tersebut punya potensi yang cukup besar dalam pengembangannya dimasa depan, dengan luasnya lahan persawahan yang dimiliki kabupaten tersebut.

“Mari kita bersama-sama bekerja untuk mencapai swasembada beras organik 2018” ajak Irwan.

“2018 Pak kadis tidak perlu kita menunggu 2021.” katanya lagi sambil mengarahkan pandangannya pada Kepala Dinas Pertanian Luwu Timur, Muharif yang juga hadir dalam acara tersebut.

Liputan: Mad | Editor: Zhakral.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *