Waspada! Kasus DBD di Kecamatan Nuha Meningkat Dua Kali Lipat

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, meningkat dua kali lipat dalam waktu dua pekan.

Direktur RS Awal Bros Sorowako, dr. Oki mengatakan, bahwa angka kasus DPD pada bulan kemarin hanya mencapai 36 persen, namun sampai pada 14 Juli 2021 ini sudah mencapai 78 persen, ungkapnya, Kamis (15/07/2021).

Dirincikannya, bulan kemarin, 15 kasus. Saat ini, 16 pasien yang menjalani perawatan. Artinya, kenaikan terjadi dua kali lipat.

Untuk pasien yang DBD ini kata dr. Oki, didominasi berasal dari wilayah Sumasang, Desa Sorowako.

Dengan kondisi itu, kami telah kolaborasi dengan Camat, tim EHS PT. Vale dan Dinas Kesehatan untuk mengedukasi masyarakat pentingnya program pencegahan penyebaran DHF, terangnya.

Selain itu, ia juga berpesan bahwa dimasa pandemi ini kita bersama-sama berjuang melawan covid dengan 5M, namun masyarakat juga perlu waspada terhadap penyakit musiman lain seperti DBD.

Menurutnya, untuk mengantisipasi DBD sedini mungkin masyarakat wajib memperhatikan 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas.

Tak hanya itu, masyarakat juga perlu melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah, menghindari gigitan nyamuk dengan kelambu atau kawat kasa pada jendela dan ventilasi, memperbaiki saluran air yang tidak lancar serta menggunakan obat anti nyamuk.

Terakhir ia menyampaikan, bahwa apabila mengalami demam, nyeri kepala dan badan pegal-pegal segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Anugrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *