Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Sulteng

DPRD Morut Gelar RDP Bahas Kisruh Lahan di Area Tambang PT ALJ, Begini Hasilnya

463
×

DPRD Morut Gelar RDP Bahas Kisruh Lahan di Area Tambang PT ALJ, Begini Hasilnya

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_MORUT,–DPRD Kabupaten Morowali Utara, Sulteng, menggelar rapat dengar pendapat (RDP) lintas komisi, Selasa (3/10/2023) di ruang komisi I.

Rapat tersebut membahas soal permasalahan lahan masyarakat Kelurahan Bahontula, Kecamatan Petasia di area pertambangan PT. Afit Lintas Jaya (ALJ).

Example 300x600

Wakil Ketua II DPRD Morut, Muhamad Safri memimpin rapat yang didampingi anggota dewan lainnya yakni, Melky Tangkidi, Yanto Baoli, Usman Ukas, Alhiddin Haddade dan Sukim Efendi.

RDP itu merupakan tindaklanjut dari hasil peninjauan lapangan pada 25 September 2023, lalu, terkait pembebasan lahan, aktifitas pertambangan PT. ALJ dan penerbitan SKT.

Diakhir rapat, Wakil Ketua II DPRD Morut, Muhammad Safri menyampaikan empat kesimpulan rapat.

“Ada empat poin kesimpulan rapat hari ini, dan saya akan sampaikan agar tidak ada multitafsir nantinya,” ungkap Muhamad Safri.

Ke empat poin tersebut yakni,

1. Meminta Pemda membentuk tim terpadu melibatkan BPN dan Polres dalam mendukung validasi alas hak tanah (sertifikat, SKT/SKPT) yang dikoordinir oleh asisten pemerintahan dan Camat Petasia.

2. Bagi masyarakat yang punya alas hak dan dikuasi oleh perusahaaan dengan cara sepihak atau melalui kepemilikan pihak lain, disilahkan melakukan gugatan hukum sesuai peraturan perundangan.

3. Bagi perusahaan yang telah menguasai bidang tanah dalam wilayah usaha kegiatannya melalui pembelian sah (jual beli) dapat juga melakukan gugatan hukum kepada yang menjual maupun kepada pihak lain yang mengklaim kepemilikan bidang tanah tersebut.

4. Pihak perusahan segera menyerahkan dokumen SKT pembebasan tahap satu sampai tahap empat.

Hadir dalam rapat tersebut pihak DLH Morut, kepala BPBD Morut, bagian hukum, sekertaris Satpol PP dan Damkar, DPMTSP Morut, Camat Petasia, bagian administrasi pemerintahan, sekertaris Lurah Bahontula, Kasat Reskrim Polres Morut, pihak BPN/ATR Morut, pihak PT. ALJ serta masyarakat Kelurahan Bahontula.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *