Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Sulteng

Dua Bulan, Warga Kolonodale Alami Krisis Air Bersih, Kementerian PUPR Janji Benahi Tahun Ini

220
×

Dua Bulan, Warga Kolonodale Alami Krisis Air Bersih, Kementerian PUPR Janji Benahi Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_MORUT,–Warga Kolonodale, Ibu Kota Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mengalami krisis air bersih selama dua bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, sebagian warga terpaksa harus memanfaatkan tada hujan dan ada pula yang menggunakan sumur suntik.

Example 300x600

Kondisi jaringan pipa air bersih dari intek ke Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) yang berada di Desa Ganda-ganda, Kecamatan Petasia, rusak parah.

Tampak dibeberapa titik pipa jaringan patah, sehingga distribusi air bersih ke warga Kota Kolonodale, terhenti selama dua bulan.

Meski sudah dilakukan perbaikan, namun tak bertahan lama dan pipa kembali patah.

Untuk memastikan kondisi tersebut, pihak Kementerian PUPR bersama Balai wilayah Sungai Sulawesi III Palu dan didampingi Kadis PUPR Morut, Destuber, turun meninjau, Selasa (4/6/2024) kemarin.

Kepala Balai wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Dedi Yuda Lesmana mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan terdapat kerusakan pada pipa jaringan air baku IKK Petasia selama dua bulan, ungkapnya.

“Kita ingin mengetahui kerusakan-kerusakan yang terjadi dalam rangka penanganan cepat atau darurat, agar suplay air bersih dapat kembali normal,” ujar Dedi.

Lanjutnya, rencana akan dilakukan perbaikan diupayakan di tahun anggaran 2024 pada anggaran perubahan, sebagaimana hasil kunjungan lapangan ini untuk dilaporkan dan segera dianggarkan.

Ia menambahkan, kerusakan yang paling krusial adalah ditransmisi air baku yang diakibatkan pergeseran tanah lalu mendorong pipa tersebut sehingga terjadi kerusakan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *