Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Sulteng

Hari May Dey, Bupati Delis Minta Diskusi Bareng Buruh Dijadwalkan Tiga Bulan Sekali

331
×

Hari May Dey, Bupati Delis Minta Diskusi Bareng Buruh Dijadwalkan Tiga Bulan Sekali

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_MORUT,–Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi meminta agar kegiatan rembuk aspirasi dikemas ngopi bareng buruh dilaksanakan tiga bulan sekali secara sederhana dan santai.

Demikian diungkapkan Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi di pelataran Kantor Bupati Morut dalam kegiatan memperingati Hari Buruh 1 Mei 2024 yang jatuh pada hari ini.

Example 300x600

“Ya kalau bisa kita ngopi bersama setiap tiga bulan sekali dengan buruh, tidak usah terlalu formil guna mencairkan suasana, biasanya persoalan cair kalau dalam situasi santai, jadi biar bukan pada Mey Day saja,” sambungnya lagi.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Bumi Tepo Asa Aroa ini meminta Disnakertrans Morut untuk berembuk dengan teman-teman buruh untuk melaksanakan kegiatan santai misalnya olah raga bareng atau domino.

“Kalau kita sepakati, sampaikan ke saya kita laksanakan kegiatan tersebut, biar teman-teman buruh juga bisa nyantai, tapi saya juga minta dalam kegiatan itu juga dihadiri para pengusaha,” ujarnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, bahwa saat ini masih terdapat persoalan klasik yang perlu dibahas seperti persoalan kesehatan, kesejahteraan dan lingkungan.

Meski begitu kata Delis, kita harus meningkatkan kualitas, karena saat ini kita diperhadapkan ancaman intelegensi, satu contoh saya pernah makan di salah satu rumah makan, yang melayani kita adalah robot.

“Jadi ancaman intelegensi ini, memang perlu ditingkatkan kompetansi para buruh untuk dapat bersaing,” terangnya.

Lanjutnya, kehadiran buruh berdampak pada daerah ini, dimana terjadi pertumbuhan ekonomi, dan saat ini kita berada di urutan pertama se Sulteng pertumbuhan ekonomi tertingggi dan urutan ke dua di Indonesia.

Selain itu, Morowali Utara berkembang dengan hadirnya UMKM usaha rumah makan, kos dan usaha-usaha lainnya yang saat ini mendongkarak perekonomian masyarakat.

Bahkan kata Delis, Morowali Utara juga mengalami peningkatan PAD hingga mencapai 200 persen jika dibandingkan tahun 2021 lalu.

“Kita bisa meningkatkan insentif para pemuka agama seperti imam, pendeta, mangku, pemerintah desa dan guru-guru, ini kenapa bisa dilakukan karena kehadiran pengusaha dan buruh serta peran kita semua tanpa terkecuali,” jelasnya.

Kata Delis, rencana tahun 2025 kita akan mengucurkan anggaran satu miliar satu desa, ini dilkukan karena kami berfikir kalau daerah ini maju, jika desanya maju.

Kata Delis, banyak daerah menginginkan invetasi masuk namun investasi melihat beberapa aspek diantaranya keamanan, kepastian hukum dan perizinan yang mudah.

Olehnya itu kita buka investasi yang cepat dan mudah, dan tahun ini ada dua investasi masuk yang ditempatkan di wilayah Bungku Utara dan Soyojaya demi mewujudkan kesejahteraan yang merata.

“Sekali lagi terima kasih atas peran dan kontribusi para buruh dalam membangun Kabupaten Morowali Utara yang kita sama-sama cintai ini, selamat hari buruh, mey day,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Morut, Dandramil Petasia, pihak Disnaker Prov Sulteng, Kadis Naker Morut, pengusaha, dan puluhan buruh dari berbagai serikat.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *