Kapal Roro 200GT Segera Beroperasi, Warga Towuti Tolak ABK dari Luar

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Kapal Roro 200GT (KM. Pangkilang) dikabarkan segera berlayar di Danau Towuti dengan rute Timampu-Tokalimbo, Kecamatan Towuti.

Namun hal itu mendapat penolakan dari masyarakat setempat yang mengatasnamakan Pengurus Besar Himpunan Masyarakat Pesisir Barat Towuti (PB HIM-PATI).

PB HIM-PATI bersama warga menggelar unjuk rasa di depan Kapal Roro 200GT, tepatnya di Desa Timampu, Minggu (16/05/2021) pagi.

Dalam tuntutan aksinya, para pengunjuk rasa menolak keras hasil rekrutmen Anak Buah Kapal (ABK) Roro 200GT yang berasal dari luar daerah.

Selain itu massa juga menagih janji Pemprov Sulsel dan Kemenhub RI soal pemberdayaan masyarakat lokal sebagai ABK Kapal.

Terakhir, mereka meminta Dishub Lutim untuk tidak mengoperasikan Kapal sebelum melibatkan masyarakat lokal. Demikian ditegaskan Ketua PB HIM-PATI, Jony kepada InputRakyat.co.id.

“Kapal ini tidak boleh beroperasi sebelum melibatkan masyarakat lokal. Hal ini kami mengacu pada pembicaraan awal ketika Gubernur Sulsel serta Sekretaris Dirjen Kementerian Perhubungan RI, Imran Rasyid datang meresmikan Kapal saat itu,” beber Jony.

Pembicaraan tersebut disaksikan langsung Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas serta pihak Dinas Perhubungan Pemda Luwu Timur, sambungnya lagi.

“Tetapi faktanya, ABK yang ada saat ini semua berasal dari luar. Ini sudah keluar dari pembicaraan awal akan memberdayakan masyarakat lokal,” tegasnya.

Olehnya itu, kami meminta Pemerintah Daerah andil dalam persoalan ini dengan mensosialisasikan rekrutmen ABK serta memberikan pembekalan terhadap masyarakat lokal agar bisa dipemberdayakan, ujar Jony.

“Kapal ini tidak boleh beroperasi sebelum ada kejelasan terkait pemberdayaan masyarakat lokal,” tutupnya.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Anugrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *