Ketua Gugus Tugas COVID-19: Usia di Bawah 45 Tahun Bisa Beraktivitas Kembali

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_JAKARTA,–Usia di bawah 45 tahun diperbolehkan beraktivitas kembali. Hal itu diungkapkan Ketua Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo.

Penerapan tersebut, guna mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) karena pandemi COVID-19, ujarnya dalam jumpa pers virtual usai rapat terbatas dari Jakarta, Senin (11/05/2020).

Menurut Doni, bahwa di usia itu merupakan lapisan masyarakat yang tidak rentan terpapar oleh dampak buruk COVID-19 dibanding kelompok usia lain.

“Di usia seperti ini mereka masih sehat secara fisik, punya mobilitas tinggi, dan rata-rata kalau toh terpapar belum tentu sakit,” kata Kepala BNPB ini.

Meski begitu, ia tetap mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat, yakni menjaga jarak dengan orang lain secara fisik, menghindari kerumunan, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun.

Kenapa usia diatas 46 tahun tidak diperbolehkan beraktivitas di luar rumah kata Doni, karena memiliki kondisi kormobid atau penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, jantung, hingga penyakit paru obstraksi kronis.

“45 persen rata-rata di usia seperti itu mengalami resiko kematian tertinggi akibat covid-19. 40 persen lainnya bagi berusia 46 sampai 59 tahun yang memiliki penyakit penyerta itu,” tutupnya.

Liputan: * | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *