Masa Jabatan Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada 2020 Hanya 3 Tahun?

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Masa jabatan kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 lalu, dikabarkan hanya 3 tahun lebih.

Hal ini berbeda dengan aturan umum yang berlaku, yang mana pejabat terpilih melalui Pilkada akan menerima masa jabatan selama lima tahun.

Berdasarkan pasal 162 UU Nomor 10 Tahun 2016, gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota, memegang jabatan selama 5 tahun.

Hal yang sama juga tercantum pada Pasal 60 UU Nomor 23 Tahun 2014, yang menyatakan bahwa masa jabatan kepala daerah yakni gubernur, bupati, dan wali kota adalah selama 5 tahun.

Masa jabatan 5 tahun tersebut terhitung sejak tanggal pelantikan dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

Namun, berkurangnya masa jabatan kepala daerah terpilih dari Pilkada 2020, disebabkan oleh Pilkada yang rencananya akan digelar serentak pada 2024 mendatang.

Hal tersebut mengacu pada Pasal 201 Ayat 7 UU 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang menyatakan masa jabatan hasil Pilkada 2020 hanya sampai tahun 2024.

Lalu bagaimana dengan Luwu Timur? Ketua KPU Lutim, Zainal mengatakan, kalau berdasarkan UU Pilkada serentak, Pilkada akan kembali digelar pada November 2024, ungkapnya, Rabu (16/06/2021).

Mengenai masa jabatan Bupati terpilih 2020 lalu kata Zainal, ya’ kalau kita lihat wacana saat ini Bupati Luwu Timur terpilih hanya akan menjabat 3 tahun 2 bulan.

“Untuk sisa jabatannya kita belum tahu bagaimana teknisnya, dan itu bukan kewenangan kami. Namun berdasarkan wacana masa jabatan, tentu Bupati terpilih 2020 hanya menjabat sampai pelantikan Bupati terpilih pada 2024 mendatang,” jelasnya.

Ditanya persiapan KPU menghadapi Pilkada lanjut Zainal, ya’ saat ini kami mulai melakukan pembenahan, namun yang difokuskan adalah menghadapi persiapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Februari 2024.

“Insya Allah, Maret 2022 kami sudah mulai melaksanakan tahapan. Olehnya itu, saya berharap ke seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pileg, Pilpres dan Pilkada serta Pilgub nantinya, tutup Zainal.

Liputan: Amk | Editor: Redaksi.

Anugrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *