Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Sulteng

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Chandra Wijaya Diangkat jadi Tadulako Wawainia Wita Mori

363
×

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Chandra Wijaya Diangkat jadi Tadulako Wawainia Wita Mori

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_MORUT,–Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Chandra Wijaya, MA, diangkat menjadi ‘Tadulako Wawainia’ yang artinya pemimpin besar yang membawa kesejahteraan di seluruh negeri, oleh Dewan Adat Wita Mori, dengan disaksikan Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi.

Pengangkatan sebagai warga kehormatan Wita Mori dengan gelar ‘Tadulako Wawainia’ ini berlangsung dalam prosesi di rumah jabatan Bupati Morut di Kolonodale, Selasa petang, dipimpin Ketua Dewan Adat Wita Mori Drs Yulius Pode.

Example 300x600

Dalam prosesi adat itu, Pangdam dikenakan ‘bate’ (penutup kepala) sebagai lambang kebesaran dan kehormatan, lalu ‘sambengko’ (selempang) yang melingkar dari bahu ke arah tanah yang bermakna sebagai pembawa kesejahteraan kepada semua lapisan masyarakat.

Ketua Dewan Adat Yulius Pode kemudian menyerahkan ‘ponai’ atau pedang panjang sebagai lambang perjuangan mencapai kesejahteraan bagi masyarakat.

Acara yang berlangsung khidmat ini disaksikan sekitar 120 orang tokoh masyarakat, adat dan agama, pemuda dan perempuan, para pejabat eselon II Pemkab Morut, perwakilan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Morut.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Chandra Wijaya mengaku kagum dan berterima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat adat Morut yang telah menerimanya menjadi warga kehormatan dengan gelar ‘Tadulako Wawainia.’

“Saya kagum dengan Morut yang indah dan kaya sumber daya alam serta aman dan tenteram, sehingga saya yakin kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerja perdana setelah menjabat Pangdam XIII/Merdeka pada 21 Februari 2024 itu, ia didampingi istri Ny. Fenty Chandra Wijaya selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam XIII, Asisten Teritorial, Danrem 132/Tadulako dan Damdim Morowali dan Morowali Utara.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *