Pengurus PP IPMIL Desak DPRD Luwu Awasi Ketat Dana Desa dan Kelurahan

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUWU,–Pengurus PP IPMIL mendesak DPRD Luwu mengawasi ketat penggunaan dana desa dan kelurahan demi terwujudnya pembangunan desa dan kelurahan berkeadilan.

Sebelumnya, pengurus PP IPMIL melakukan hal serupa ke DPRD Luwu untuk mengawasi kinerja OPD di lingkup pemerintah Kabupaten Luwu.

“Kami meminta dengan hormat agar DPRD Luwu turut mengawasi ketat penggunaan dana desa, sebagaimana yang disyaratkan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Anggota DPRD adalah wakil rakyat, jadi kami minta agar benar-benar mengedepankan kepentingan masyarakat, mengemban aspirasi masyarakat, ucap Wasekjen PP IPMIL Luwu, Muh Rivaldi A Tadda.

Selain itu kata Rival, kami juga mendesak DPRD Luwu agar penggunaan dana kelurahan diawasi ketat, sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 Pasal 3 ayat 1.

Dimana isi Permendakri tersebut yakni kegiatan pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Sementara Pasal 5 ayat 1 dalam Permendagri yang sama mengamanatkan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan dengan mendayagunakan potensi dan sumber daya sendiri, kunci Rival.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari anggota komisi yang membidangi terkait desakan pengurus PP IPMIL Luwu tersebut.

Liputan: Rk | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *