Petani Kanawatu Sebut Visi Misi Ibas-Rio di Sektor Pertanian Bukanlah Hal yang Mustahil

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Petani asal desa Kanawatu, kecamatan Wotu, kabupaten Luwu Timur sambut baik program yang tawarkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Irwan Bachri Syam dan Andi Rio Pattiwiri Hatta.

Pak Hasan dan pak Tasa yang ditemui diarea persawahan miliknya mengaku kalau program visi misi Ibas Rio khususnya pupuk gratis tersebut sangat dharapkan, ungkapnya, Kamis (01/09/2020).

Darinya itu, sejak mendengar program pupuk gratis yang ditawarkan Ibas-Rio melalui programnya pada bidang pertanian dengan menggratiskan pupuk untuk petani, kebanyakan dari mereka para petani menyambut baik dan merespon langkah pro rakyat yang ditawarkan.

Akibat kurangnya pasokan pupuk ke petani kata pak Hasan dan pak Tasa, berdampak pada kurangnya hasil pertanian. “Hasil pertanian hanya untuk dikonsumsi saja. Artinya, lebih banyak pengeluaran dalam pengolahan sawah daripada hasil yang didapatkan saat panen,” bebernya.

Menurutnya, sudah sejak lama kami menjadi petani, namun hasil yang kami dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan dikarenakan kurangnya dana untuk membeli pupuk pak, adapun hasilnya hanya cukup untuk menghidupi keluarga.

Pak Hasan juga mengakui kalau hasil panennya tidak mencapai target lantaran pengerjaan proyek pengairan yang dilakukan pada saat petani sedang turun sawah.

“Selain kendala pupuk di Kanawatu, kadang juga sudah mau turun sawah pengairannya lagi dikerja sehingga target yang kami harapkan tidak sesuai karena lebih besar biaya ketimbang hasil panen,” kata pak Hasan.

Untuk itu, mereka dan sebagian besar masyarakat tani di desanya sangat mendukung program yang ditawarkan pasangan Ibas-Rio, sekaligus berharap dan berdoa agar Ibas-Rio bisa mendapatkan amanah dari warga Luwu Timur supaya kedepannya kehidupan petani bisa makmur dan sejahtera.

“Visi misi pak Ibas-Rio di sektor pertanian bukanlah hal mustahil, dan saya yakin ini bisa terwujud, tergantung komitmen dan kesungguhan, jika mau melihat daerah ini maju dibidang pertanian,” kunci Hasan.

Terpisah, pemerhati sosial Lutim, Awal yang dikonfirmasi melalui via telepon mengatakan, bahwa visi dan misi yang ditawarkan pasangan Ibas-Rio itu sangat membantu para petani, baik itu petani sawah, tambak, dan kebun.

“Menurut saya program pro rakyat Ibas-Rio sangat masuk diakal dan sangat membantu masyarakat petani, bayangkan jika sekali panen petani mengeluarkan dana hingga jutaan rupiah, jika pupuknya digratiskan otomatis dana untuk pembelian pupuk itu bisa digunakan untuk keperluan mendesak lainnya dalam keluarga para petani kita,” terang Awal.

Lanjutnya, program yang ditawarkan pasangan Ibas-Rio ini, sangat realistis dan yang pastinya sudah melalui proses pertimbangan oleh para ahli dipihak Ibas-Rio sebelum ditetapkan dan dituang dalam visi-misi.

“Jadi kalau ada yang menolak konsep pro rakyat ini, saya fikir ia tidak mau melihat sektor pertanian di Luwu Timur maju. Dan kita tahu bersama bahwa area pertanian di Luwu Timur sangat luas, namun sayangnya Luwu Timur hanya lumbung gabah bukan lumbung beras,” tegasnya.

Saya kira masyarakat Luwu Timur perlu cermat menentukan pilihan, dan program pertanian yang ditawarkan pasangan Ibas-Rio ini, bukan lah hal yang baru, coba kita bercermin di kabupaten Kuantan Singin, disana pemerintah sudah menjalankan pembagian benih padi dan pupuk secara gratis, jelas Awal.

Nah sekarang, pak Ibas-Rio menawarkan hal serupa. Olehnya itu, mari kita berfikir untuk menentukan sikap, tambahnya.

Untuk diketahui, petani di kabupaten Luwu Timur beberapa tahun belakangan ini kesulitan mendapatkan pupuk, dalam momentum Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 menjadi harapan baru para petani menuju kearah yang lebih baik dengan memperhatikan kesejahteraan mereka melalui program visi dan misi pada sektor pertanian untuk Luwu Timur yang lebih baik.

Liputan: IR | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *