Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Input Sulteng

TNI Gagalkan Aktivitas Penambangan Disinyalir Ilegal di Morut, Alat Berat Diberhentikan

1048
×

TNI Gagalkan Aktivitas Penambangan Disinyalir Ilegal di Morut, Alat Berat Diberhentikan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INPUTRAKYAT_MORUT,–Puluhan anggota TNI, gabungan Korem 132/Tadulako, Sulteng dan Kodim 1311/Morowali serta Pemerintahan Kecamatan menghentikan aktivitas pertambangan jenis nickel yang disinyalir ilegal di wilayah Towi, Desa Tamanusi, Kecamatan Soyo Jaya, Kabupaten Morowali Utara, Sabtu (6/7/2024).

Saat penertiban turut serta Camat Soyo Jaya, Yan Berkat Haramai, terlihat penambang ilegal tersebut tengah beroperasi, sebanyak 10 unit eksavator telah melakukan aktivitas penambangan Nickel dengan luasan kurang lebih satu hektar yang sudah berlangsung selama kurang lebih satu minggu.

Example 300x600

TNI dan pemerintah kecamatan pun langsung meminta untuk menghentikan aktivitas pertambangan serta menurunkan seluruh alat berat (eksavator) dari lokasi ke mess karyawan yang bekerja di perusahaan tambang ilegal tersebut.

Informasi yang dihimpun, kelompok penambang ilegal tersebut diduga beroperasi di lokasi eks PT. Integra 88. Sementara itu nama perusahaan tersebut adalah perusahaan yang tidak lagi beroperasi sejak empat tahun lalu dan sudah tidak terdaftar di Minerba On Databest Indonesia ( Modi ).

Menurut Camat Soyo Jaya, Yan Berkat, tidak beroperasinya PT. Integra sudah sekitar empat tahun lalu dikarenakan Izin Usaha Pertambangannya (IUP) sudah non aktif. Bahkan, masuknya aktivitas pertambangan dilokasi ini sama sekali tidak diketahui oleh Pemerintah Kecamatan.

Sementara itu, penanggung jawab penambangan tersebut yang diketahui berinisial BW diduga oknum kepolisian dari Sulawesi tenggara enggan memberikan komentar saat dimintai tanggapan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *