Waduh, Bawaslu Luwu Timur sudah Dua Kali Laporkan Budiman ke KASN

  • Whatsapp

INPUTRAKYAT_LUTIM,–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur telah melaporkan Budiman di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebanyak dua kali atas pelanggaran Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami dari Bawaslu Luwu Timur telah melaporkan Budiman yang masih berstatus ASN ke KASN sebanyak dua kali, atas pelanggaran Netralitas ASN,” ungkap Zaenal Arifin Koordinator Devisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Luwu Timur, Rabu (30/07/2020).

Menurutnya, Budiman saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Luwu Timur, secara terang-terangan mengampayekan dirinya sebagai wakil bakal calon Bupati untuk mendapingi Muhammad Thoriq Husler sebagai petahana di Pilkda Luwu Timur secara serentak 2020.

Bahkan lanjut Zaenal, Budiman juga ikut serta dalam melakukan lobi-lobi partai politik dan mengikuti acara partai politik di Jakarta.

“Atas kajian Bawaslu, Budiman sudah mengarah melakukan tindakan pelanggaran netralitas ASN sebagaimana diatur UU Nomor 05 tahun 2014. Pelanggaran dilakukan Budiman sudah dilaporkan ke KASN untuk ditindaklanjuti sebagaimana atur yang berlaku,” tandasnya.

Zaenal menambahkan, walaupun dirinya sudah melakukan klarfikiasi ke Bawaslu, menyatakan bahwa dirinya mengundurkan diri sebagai ASN. Tapi masih dalam proses penguduran dirinya.

“Dengan begitu, kami menilai dirinya masih melekat sebagai ASN. Kami menyatakan bahwa dirinya dianggap telah telah pelanggaran kodetik ASN,” tegasnya.

Diketahui, bakal calon Bupati Luwu Timur Muhammad Thorig Husler dan Budiman sudah dipastikan berpaket di Pilkada di Luwu Timur. Ini ditandai sejumlah partai politik sudah mengusung namanya.

Tidak hanya itu, sejumlah baliho kedua pasangan bakal calon tersebut terlihat sudah terpasang disejumlah titik utama di Luwu Timur.

Liputan: * | Editor: Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *